Pindang Serani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pindang Serani
Pindang serani 170526-5307134 krm.JPG
Pindang serani ikan kerapu
dari Karimunjawa, Jepara
Asal
Asal Indonesia
Dari daerah Jepara, Jawa Tengah

Pindang serani adalah makanan khas dari Jepara berupa semacam sup ikan laut. Rasa pindang serani merupakan perpaduan rasa pedas, asem dan manis yang umumnya disajikan pada siang hari.[1] Sajian ikan pindang bening dengan ikan laut ini terasa ringan dan segar. Pindang serani ini berbeda dengan sajian pindang ikan Betawi. Pindang serani Jepara tidak mengandung kecap sehingga memiliki kuah yang bening. Bahan utamanya berupa ikan laut segar, dengan beberapa bumbu khas seperti belimbing wuluh, daun kemangi, tomat, dan bawang daun.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Masakan ini disebut serani karena bumbunya dari sereh, laos, salam, jahe, cabai dan juga bahan-bahan yang lain. Pindang serani rasanya asam dan pedas, segar sekali.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Meskipun namanya pindang serani[2] tetapi masakan ini bukanlah menggunakan ikan pindang melainkan menggunakan ikan laut segar semisal bandeng, kerapu, dan lain-lain. Pindang hanyalah sebuah nama masakan.

Cara membuat[sunting | sunting sumber]

Cuci bersih[3] ikan bandeng dan bumbui dengan air jeruk nipis supaya tidak amis. Panaskan minyak untuk menumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan bumbu-bumbu lainnya beserta potongan ikan. Tuangi air, potongan belimbing dan tomat serta masak sambil sesekali diaduk sampai matang.

Referensi[sunting | sunting sumber]