Nasi pindang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nasi Pindang
Tempat asalIndonesia
DaerahKudus, Jawa Tengah
Dibuat olehSuku Jawa

Nasi Pindang (Hanacaraka:ꦱꦼꦒ​ꦥꦶꦤ꧀ꦢꦁ, bahasa Jawa: Sega pindang) adalah masakan yang berupa nasi dan daging disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo atau daun so. Nasi Pindang adalah makanan khas dari orang Kabupaten Kudus[1], tepatnya di Desa Colo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nasi Pindang biasanya disajikan tiap masyarakat Kudus mempunyai hajatan / pesta. Namun seiring berkembangnya zaman, Nasi Pindang sudah di jual dimana-mana dari Restoran hingga warung kaki lima pinggir jalan. Nasi Pindang awalnya berasal dari Kudus.[2] khas Kudus. Nasi Pindang di Kudus aslinya menggunakan daging kerbau karena di Kudus ada larangan memakan daging sapi. Namun sekarang biasanya Nasi Pindang disajikan dengan daging sapi atau ayam.[3]

Persamaan dan Perbedaan[sunting | sunting sumber]

Nasi Pindang Kudus mempunyai kemiripan dengan Rawon asal Jawa Timur. Persamaan[4] Rawon dan Pindang Kudus, sama – sama menggunakan daging irisan tetapi bedanya, kuah Nasi Pindang memakai santan sedangkan Rawon tidak. Perbedaan pada Nasi Pindang Kudus terdapat aroma daun melinjo sedangkan pada Rawon terdapat taoge.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]