Kuwah pliek u

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kuwah pliek u adalah salah satu masakan seperti gulai berasal dari Aceh. Masakan ini memiliki bahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang telah melalui proses pemerasan minyaknya.[1] Pada umumnya, masakan ini dilengkapkan dengan daun dan buah melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun pepaya, daun singkong, rebung kecombrang,[1]; kadang kala disajikan dengan chu (sejenis siput yang hidup di sungai). Dalam praktiknya, masyarakat Aceh juga menambahkan sayuran lain untuk masakan ini seperti kacang panjang, pepaya muda dan nangka muda. Selain itu untuk menguatkan rasa, asam sunti (belimbing wuluh yang dikeringkan setelah dikukus bersama garam) ditambahkan pula sebagai bumbu khasnya.

Masakan ini biasanya disajikan dalam beberapa acara dalam lingkungan masyarakat Aceh, seperti hajatan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kuah Pliek U dan Sie Reboh, Hidangan Klasik Aceh yang Tetap Digemari - 3". detikfood. 14 Agustus 2015. Diakses tanggal 18 Maret 2016. Bahan baku utamanya adalah Pliek yang merupakan ampas kering dari pembuatan minyak kelapa melalui proses pembusukan dan pemerasan kandungan minyaknya. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber. "Larisnya "Sayur Pliek U", Berbahan Kelapa Busuk - Kompas.com Travel". travel.kompas.com. Diakses tanggal 18 Maret 2016. Dalam hajatan di masyarakat Aceh, kerap kali menu kuah pliek menjadi andalan untuk dihidangkan. Ditemani sepiring nasi putih dan beberapa potong ikan asin, menu pliek u lengkap disajikan. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]