Tahu petis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tahu petis
Tahu petis dengan sambal petisnya.
Tempat asalIndonesia
DaerahSemarang, Jawa Tengah
Bahan utamakedelai, petis
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Tahu petis (Jawa: ꦠꦲꦸ​ꦥꦺꦠꦶꦱ꧀, translit. Tahu pètis) adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang) yang dioleskan/disisipkan di tengah-tengah tahu. Seperti tahu pong tetapi rasanya tidak asin, yaitu berasal dari tahu putih yang digoreng sampai warna kecokelatan tanpa dibumbui atau dibumbui dengan larutan garam dan bawang putih saja.[1] Sedangkan petisnya berasa manis agak sedikit asin. Agar menggugah selera tahu petis biasanya dimakan dengan cabai rawit.[2]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Keunikan produk ini ada pada bumbu petis berbahan dasar udang yang diracik dengan bumbu spesial sehingga menghasilkan petis udang siap saji yang bearoma harum dan tidak menyengat. Dipadu dengan tahu pong yang segar dan renyah sehingga menambah kelezatannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Adianti, Ariani Noor. "Tahu Petis Semarang Praktis". https://dapurmasak.com. Cookpad. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-23. Diakses tanggal 2015-01-23.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  2. ^ Tu'tu Catering (2008). Rosliyani, Noni, ed. Resep Lengkap 33 Provinsi Paling Muantap. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Anggrek. hlm. 199. ISBN 979-602-8318-00-5.