Rawon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infotaula de menjarRawon
Rawon Setan.jpg
Asal
Negara asalIndonesia Edit the value on Wikidata
Rincian
Jenissoto dan makanan Edit the value on Wikidata
Bahan utamadaging sapi, Jeruk purut, bay leaf (en) Terjemahkan, serai, lengkuas, garam dapur, pepper (en) Terjemahkan, air, Minyak sawit, Kepayang, bawang putih dan jahe Edit the value on Wikidata
Nasi rawon empal kisi, Banyuwangi, Jawa Timur
RESEP BUMBU RAWON

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (daerah Arekan), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal. Beberapa pelengkap lain yang juga dapat dihidangkan bersama rawon adalah olahan jeroan dan di daerah Pasuruan rawon juga lazim dikonsumsi dengan mendol (perkedel tempe) dan disajikan di atas daun pisang. Kunci lezat rawon juga berada pada olahan kuahnya yang berasal dari kaldu daging yang digunakan, baik dari lemak daging, tulang muda, maupun kulit.

Warung rawon yang cukup populer di antaranya adalah Rawon Nguling di Pasuruan,[1] Rawon Kalkulator di Taman Bungkul, Surabaya,[2] dan Rawon Setan di jalan Embong Malang, Surabaya,[3] juga Rawon Penjara Solo sebelah timur Rumah Tahanan Surakarta.

Zaman sekarang memasak rawon sudah umum. Bumbu instan rawon sangat mudah ditemukan dan banyak dijual di pasar tradisional maupun pasar modern dengan harga yang sangat terjangkau. Namun bumbu instan rawon juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya adalah perlu menambahkan sedikit penyedap rasa seperti garam, gula, dan lada agar rasa yang didapat lebih seimbang. Sedangkan kelebihan memasak rawon dengan bumbu instan adalah lebih menghemat waktu di dapur.

Meskipun begitu, memasak rawon dengan bumbu segar yang diracik sendiri lebih menghasilkan rasa yang aromatik dan kental.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]