Lapis legit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Spekkoek)
Lompat ke: navigasi, cari
Lapis legit
Spekkoek naturel en pandan.jpg
Spekkoek rasa asli (kiri) dan pandan.
Asal
Nama lain Spekkoek, Spekuk
Daftar asal Hindia Belanda
Dari daerah Indonesia dan Belanda

Lapis legit atau spekkoek adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya, spekkoek berwarna kuning dan coklat. Kue berbahan tepung terigu, kuning telur, gula, dan mentega atau margarin ini memiliki lapisan-lapisan dan bercita rasa manis, bertekstur agak lembut namun kokoh dan lembab ini populer di Indonesia dan Belanda. Lapis legit dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu. Kue ini lazim dihidangkan pada perayaan hari-hari besar, seperti natal, imlek, dan lebaran.[1] Di Belanda, irisan kue ini biasanya disajikan sebagai kudapan atau hidangan pencuci mulut dalam jamuan rijsttafel.[2]

Spekkoek di Indonesia biasa disebut spekuk, atau lapis legit, merupakan resep kue Indonesia-Belanda. Kue ini berkembang selama masa kolonial Belanda di Indonesia dan merupakan kue yang terinspirasi dari kue Belanda dengan menggunakan bahan lokal asli Indonesia. Kue lapis legit dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang memang sangat disukai oleh orang Eropa di antaranya kapulaga, kayu manis, cengkih, adas manis sehingga rasanya sangat khas kaya akan aroma rempah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zoe Li; Maggie Hiufu Wong (22 August 2016). "Tiramisu, cheesecake, Pavlova and 14 more of the world's most delicious national cakes". CNN. p. 4. 
  2. ^ Laura Halpin Rinsky (2008). The Pastry Chef's Companion: A Comprehensive Resource Guide for the Baking and Pastry. Hoboken, N.J.: John Wiley & Sons. p. 263. ISBN 978-0-470-00955-0. 
Bread and wine.svg
Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai