Kue ku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kue ku
Kue ku Jakarta.JPG
Kue ku yang dijual di Jakarta.
Nama lainAng ku kueh
SajianJajanan pasar
Tempat asal Indonesia
 Tiongkok
DaerahAsia Tenggara dan Tiongkok
Dibuat olehOrang Tionghoa di Indonesia
Bahan utamaTepung beras ketan

Kue ku atau kue tok[1] atau kue kura-kura merah (Hanzi: 紅龜粿; Pe̍h-ōe-jī: Âng-ku-kóe) adalah kue tradisional berbentuk bulat atau oval kecil yang dibungkus dengan kulit ketan yang lengket dan lembut dengan isian manis di tengahnya. Kue ini dibentuk menyerupai cangkang kura-kura dan disajikan di atas selembar daun pisang. Kue ku secara tradisional berwarna merah dan memiliki tekstur kenyal yang lengket saat dimakan. Kue ini biasa disajikan saat Tahun Baru Imlek.[2][3][4][5][6]

Kue ini juga disajikan saat hajatan–seperti acara khitanan, kenduri, dan perkawinan–di Indonesia. Pada zaman modern, kue ku terus menjadi bahan pangan penting selama festival Tionghoa di banyak negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Taiwan, dan Thailand. Namun, kue ku di negara-negara ini tidak lagi terbatas pada acara-acara khusus karena kue ku juga tersedia secara komersial di banyak toko kue.

Ada dua komponen utama dalam pembuatan kue ku, kulit dan isinya. Kulit sebagian besar terbuat dari tepung beras ketan dan ubi jalar, sedangkan isinya dibuat dari bahan-bahan yang sudah dimasak seperti kacang hijau atau kacang tanah dan gula. Setelah diuleni dan dicetak bahan-bahannya secara bersama-sama, kue ku dikukus di atas selembar daun pisang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fimela.com (2014-05-14). "Resep Jajanan Tradisional: Kue Tok". fimela.com. Diakses tanggal 2020-04-14. 
  2. ^ "Ang Ku Kueh 红龟糕". Chinatownology. Diakses tanggal 12 April 2011. 
  3. ^ "Kuih Ang Koo". ThisIsDiversity. Diakses tanggal 1 May 2011. 
  4. ^ "Traditional Ang Ku Kueh". Singapore's Lifestylepedia to the World. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-22. Diakses tanggal 12 April 2011. 
  5. ^ "Steamed Glutinous Rice Cake with Sweet Filling". My Kitchen Snippets. Diakses tanggal 1 May 2011. 
  6. ^ "年節飲食文化與紅龜粿 (Occasions for Red Tortoise Cakes)". Taiwan Library Schoolnet. Diakses tanggal 1 May 2011.