Orem-orem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orem-orem
Orem-orem
Tempat asalIndonesia
DaerahKota Malang (Jawa Timur)
Dibuat olehSeni kuliner Jawa
Bahan utamatempe goreng, ayam, kuah santan kental, ketupat iris, tauge
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Orem-orem adalah masakan kuliner Jawa dari Kota Malang yang berbahan dasar irisan tempe goreng, ayam, dan dimasak bersama kuah santan kental. Penyajiannya adalah dengan ketupat iris yang diberi tauge, tempe dan disiram kuah sayur kuah santan. Rasa kuah orem-orem mirip seperti sayur lodeh dengan rasa sedikit pedas, dan bisa ditambah kecap manis dan sambal sesuai selera.[1] Masakan ini adalah khas dari Kota Malang, Jawa Timur.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Orem-orem dahulu biasa hanya disajikan dalam acara hajatan seperti pernikahan dan syukuran di masyarakat Kota Malang. Namun sejak 1980-an, masakan orem-orem juga dapat dibeli di warung tradisional, bahkan pedagang kaki lima. Malang telah dikenal sebagai kota yang memiliki makanan khas tempe, yaitu "Tempe khas Malang" ataupun "kripik tempe". Dari bahan dasar inilah orem-orem juga menjadi populer.

Orem-orem adalah masakan yang terbuat dari irisan tempe khas Malang yang digoreng, ayam, dan dimasak bersama kuah santan kental. Penyajiannya adalah dengan ketupat iris yang diberi tauge, tempe dan disiram kuah sayur kuah santan. Kuah orem-orem layaknya sayur lodeh namun kental dan dengan rasa sedikit pedas. Biasanya dapat ditambah kecap manis atau sambal sesuai selera.[2].

Yang membuat orem-orem unik adalah cara masaknya yang menggunakan bahan bakar arang, karena bara api arang yang tak mengubah aroma bumbu dasarnya. Orem-orem hanya dapat ditemukan di Malang, karena bahan dasarnya menggunakan tempe khas Malang, dan menggunakan bumbu-bumbu lokal Malang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aroma Khas Orem-orem Arema". Kompas.com (dalam bahasa Indonesia). kompas.com. 30 April 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-02. Diakses tanggal 30 April 2013. 
  2. ^ "resep orem orem khas malang". Resepmamiku. Diakses tanggal 10 April 2022.