Cuanki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Cuanki merupakan salah satu jajanan yang berasal dari kota bandung yang berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu yang kuat berisi bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus dengan taburan bawang goreng dan daun seledri. Cuanki sendiri dapat ditemukan pada pedagang kaki lima yang menunggang dagangannya sambal berjalan kaki.

Asal Usul Cuanki[sunting | sunting sumber]

Cuanki pertama kali dikenalkan oleh orang Tionghoa pada tahun 60-an. Cuanki sendiri berasal dari singkatan “Cari Uang Jalan Kaki”. Hal ini berawal dari para penjual cuanki menjajahkan dagangannya dengan berjalan kaki sambil memikul dari satu kampung ke kampung lainnya, dengan membunyikan suara khasnya “tok tok tok” yang menandakan adanya penjual cuanki.

Dengan seiring perkembangan waktu dan teknologi, para pedagang cuanki tidak lagi memikul sambil berjalan kaki. Namun dengan cara menetap disatu tempat maupun menjual cuanki instan yang dapat disajikan dalam waktu singkat, dihidangkan kapan saja, dan dapat dikirim ke berbagai daerah melalui daring internet sosmed.

Perbedaan Cuanki dan Bakso Malang[sunting | sunting sumber]

1. Berdasarkan cara penyajian

Cuanki disajikan dengan cara merebus semua isian didalam kuah termasuk siomay goreng dan disajikan ketika siomay goreng mengembang. Sedangkan berdasarkan cara penyajian bakso malang tidak merebus isiannya namun menyiram isian sehingga siomay goreng tidak mengembang.

2. Berdasarkan asal usul

Cuanki sendiri berasal dari Bandung yang singkatannya dari cari uang jalan kaki dengan adanya pedagang memangul dagangan sambil berjalan kaki. Sedangkan bakso malang yang berawal dari penjual berkeliling menjajahkan bakso dengan gerobak dorong.

3. Berdasarkan rasa kuah

Kuah cuanki yang terkenal memiliki karakteristik rasa gurih yang cukup tajam karena komposisi bumbu, kaldu, dan penyedap sehingga rasanya yang kuat. Sedangkan bakso malang memiliki kuah yang jernih dan ringan daripada cuanki karena kuah tersebut berasal dari air bekas rebusan daging.

4. Berdasarkan isi

Seporsi cuanki berisi bakso halus, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, tahu rebus, ataupun tambahan mi. Sedangkan bakso malang satu porsi berisi bakso halus, bakso urat, bakso goreng, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus ataupun tambahan seperti mi kuning dan bihun yang membuat bakso malang memiliki komposisi lebih lengkap dibandingkan cuanki.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

https://lifestyle.okezone.com/read/2015/08/02/298/1189258/cuanki-jajanan-bandung-yang-bikin-nagih

https://www.suara.com/lifestyle/2019/01/04/192441/patut-diperhatikan-ternyata-ini-4-beda-bakso-malang-dan-cuangki

https://style.tribunnews.com/2017/11/28/resep-bakso-cuanki-hidangan-hangat-khas-bandung-yang-paling-pas-di-dinginnya-musim-penghujan

https://www.tribunnewswiki.com/2019/07/14/cuanki

http://photoshopideer.blogspot.com/2017/08/cara-membuat-cuanki-bandung-asli-yang.html?m=1 https://alampriangan.com/cuanki-bandung-paling-enak/#Cuanki_Serayu_Bandung

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/ranggana/5-rekomendasi-bakso-cuanki-terhits-di-bandung-rasanya-bikin-nagih-c1c2/full

https://ngiderngiler.com/cuanki-darkem-dara-kembar/ Diarsipkan 2019-12-10 di Wayback Machine. https://travelingyuk.com/cuanki-serayu-bandung/113571/