Mun tahu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mun tahu
Mun Tahu 1.jpg
Mun tahu, tahu sutera dengan udang, ayam, dan daun bawang yang ditutupi saus putih
SajianHidangan utama
Tempat asalIndonesia
Dibuat olehTionghoa-Indonesia
Suhu penyajianPanas
Bahan utamaTahu telur sutera, sayuran, ayam atau jenis makanan laut

Mun tahu (燜豆腐 / 焖豆腐) adalah hidangan etnis Tionghoa-Indonesia berbahan tahu sutera yang direbus menggunakan saus putih kental gurih, kemudian dicampur dengan daging ayam cincang dan udang.[1]

Asal Usul[sunting | sunting sumber]

Mun (燜/焖, yang memiliki arti "direbus") merupakan teknik memasak yang berasal dari masyarakat Hakka.[2] Sementara tahu berasal dari China.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan utamanya adalah tahu sutera yang lembut, atau sejenisnya seperti tahu telur kekuningan, yang direbus menggunakan ayam, daging, atau makanan laut, kemudian ditaburi daun bawang yang sudah dicacah. Sedikit dibumbui dengan bawang putih, jahe dan bawang, sedikit kecap, garam dan lada. Warna sausnya terlihat putih karena sedikit kecap yang ditambahkan. Saus putih terlihat kental karena terbuat dari bahan tepung tapioka atau bubuk jagung; yang kemudian menghasilkan saus putih yang kental.[1] Mun tahu biasanya juga berisi ayam cincang atau sejenis makanan laut, seperti udang, atau terkadang menggunakan daging sapi atau babi.[2]

Makanan ini memiliki rasa sedikit gurih dengan tekstur lembut. Cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang sedang dalam masa pemulihan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Resep Mun Tahu - Hidangan Spesial Untuk Makan Malam Bersama Keluarga Tercinta - TribunStyle.com". TribunStyle.com. 2017-10-04. Diakses tanggal 2018-07-30. 
  2. ^ a b "Back-alley Hakka Chinese restaurant that's Jakarta's oldest and best". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-07-30.