Kalumpe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kalumpe
Nama lainKaruang, Sungkai, rungkai
SajianSayur
Tempat asal Indonesia
DaerahKalimantan
Suhu penyajianSuhu ruangan
Bahan utamaDaun Singkong

Kalumpe atau Karuang adalah salah satu masakan khas Dayak, Kalimantan Tengah yang berbahan dasar daun singkong. Daun singkong yang digunakan adalaha daun yang ditumbuk halus menggunakan lesung/lisung. Nama Kalumpe digunakan oleh masyarakat Dayak Maanyan sedangkan penyebutan Karuang dalam bahasa Dayak Ngaju. [1] Kalumpe biasa disajikan dengan taburan kacang bersama dengan sambal terasi yang pedas dan ikan asin Lais.[2]

Sekilas, tampilan sayur ini mirip dengan sayur singkong pada umumnya, namun yang membedakan adalah proses pembuatannya dimana daun singkong ditumbuk terlebih dahulu.

Proses pembuatan[sunting | sunting sumber]

Pembuatan Kalumpe dimulai dengan merebus sedikit air kemudian tambahkan terong pipit. Setelah itu masukkan daun singkong yang telah ditumbuk serta bumbu berupa bawang merah, bawang putih, umbut laos, lengkuas, kayu manis, cabai, garam, merica dan serai. Biarkan sampai mendidih dan jangan dibiarkan lama agar daun singkong tidak terlalu layu.Kemudian masukkan santan dan biarkan mendidih sebentar lalu angkat.

Beberapa resep lainnya menambahkan daun rawen sungkai, teung tangurit (terong pipit) dan lantar (sulur keladi). [3]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Priscilla, Testi (2018-02-20). "Kalumpe, Makanan Khas Dayak Berbahan Dasar Daun Singkong". www.borneonews.co.id. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  2. ^ "Kalumpe". Tribunnewswiki.com. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  3. ^ nendrabertus (2016-05-19). "Kuliner Daun Singkong Khas Dayak "Kalumpe"". Kooliner. Diakses tanggal 2022-08-17. 
Bread and wine.svg
Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai