Mi bangka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bakmi ayam Bangka, jenis bakmi Bangka yang paling banyak dikenal

Mie Bangka atau dikenal sebagai Bakmi Bangka adalah salah hidangan tradisional masyarakat pulau Bangka. Mie bagi masyarakat Bangka dikenal sebagai mien, mian (麵), merupakan pengaruh dari kuliner orang Hakka. Seiring dengan merantaunya orang Bangka ke berbagai daerah, hidangan mie khas Bangka tersebar di banyak daerah Indonesia.

Jenis-jenis[sunting | sunting sumber]

Jammien, jenis bakmi dengan potongan daging babi.

Bakmi Bangka mempunyai beberapa variasi menurut bahan pembuatnya.

  • Jammien, yammienjamian[1] (腌麵) adalah bakmi tanpa kuah yang diberi potongan daging babi cincang dan taburan daun bawang, diaduk dengan kecap manis.[1]
  • Suimien adalah bakmi yang berkuah, biasanya diberi topping daging babi cincang. Suimien dan jammien banyak dijumpai pada restoran Tionghoa Bangka yang menjual bihun, pangsit, songsui dan bubur darah.
  • Bakmi ayam Bangka kemungkinan adalah jenis bakmi khas Bangka yang lebih populer di berbagai daerah di luar Bangka. Ciri khasnya adalah mie kuah yang diberi topping potongan daging ayam cincang yang manis. Pilihan bahan tambahan lainnya adalah pangsit, pangsit goreng dan bakso.
  • Mi goreng khas Bangka dinamai chau-mien (炒麵), tidak jauh berbeda dengan jenis mie goreng dari daerah lainnya. Secara tradisional chau-mien disajikan pada perayaan-perayaan seperti pesta atau ulang tahun. Pada perayaan ulang tahun, bakmi goreng Bangka biasanya disajikan dengan telur rebus yang diberi warna merah.
  • Mie Koba adalah jenis mie kuah yang populer di kalangan masyarakat Pulau Bangka. Dibandingkan jenis bakmie Bangka lain yang dibuat etnis Tionghoa, Mie Koba khas Kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah, dikenal dengan ciri khas kaldu dari ikan tenggiri.[2] Mie Koba biasanya disantap dengan telur, taoge, seledri dan bawang goreng.[2]

Daerah pencarian makanan bakmi bangka[sunting | sunting sumber]

Di luar Bangka-Belitung, warung atau restoran Bakmi Bangka biasanya ditemukan di sekitar pasar, pedagang kaki lima, kios terminal bus/stasiun kereta api, warung-warung dan hotel. Warung atau restoran bakmi Bangka dapat ditemukan di berbagai kota besar seperti Palembang, Jabodetabek dan Bandung.

Cara penyajian dan ciri khas[sunting | sunting sumber]

Biasanya Mie Bangka disajikan dengan potongan ayam kecap (halal) atau babi cincang (non halal), baso ikan, seafood (Ikan, Kepiting, dst), tahu kok (baso tahu asli Bangka yang berukuran 10 × 4 cm), pangsit, tauge dan sayur caisim.

Bumbu pelengkapnya adalah lada, daun bawang, kecap asin, tongcai, jeruk kunci, garam, gula putih/gula pasir dan saus cabai pedas khas pulau Bangka.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Liburan ke Bangka, im lynn. Lynn Halianto. Akses: 08-10-2021.
  2. ^ a b Mie Koba, Kuliner Khas Bangka yang wajib kamu coba, backpackerjakarta. Emye. Akses: 08-10-2021.