Lema (makanan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lema
Tempat asalIndonesia
DaerahBengkulu
Dibuat olehSuku Rejang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Lema adalah sebuah nama makanan khas suku Rejang.[1] Komposisinya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang, kemudian dicampur ikan mujair atau sepat. Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat. Proses fermentasi ini membutuhkan waktu minimal selama tiga hari. Setelah itu, baru lema siap untuk dimasak sebagai lauk saat makan nasi.

Cara memasak[sunting | sunting sumber]

Lema dimasak dengan cara yang tidak berbeda dengan tempoyak. Lema beraroma agak tidak sedap baunya. Itu merupakan efek dari fermentasi dari ikan yang dicampur dengan rebung. Meskipun baunya yang tidak sedap, tetapi banyak yang menyukainya. Keunikan dari aroma dan cita rasa yang dihasilkan lema, menjadikan makanan ini bukan sekadar disukai suku bangsa Rejang. Lema lebih nikmat bila dimasak dengan campuran santan dan ditambahkan dengan ikan air tawar maupun ikan laut. Pada umumnya, lema dimasak dengan ditambah ikan mas, tongkol, maupun ikan yang biasa dikonsumsi manusia pada umumnya. Lema pada umumnya dimasak dengan rasak yang pedas, rasa pedas ini juga dapat menumbuhkan cita rasa segar dan nikmat dari perpaduan hasil fermentasi rebung.

Cita rasa[sunting | sunting sumber]

Mengenai cita rasa yang dihasilkan lema, makanan ini termasuk dari selera khas Sumatra. Lema memiliki rasa asam dan pedas, serta aroma yang unik tetapi gurih setelah dimasak. Setelah masak, lema biasanya dimakan sebagai lauk. Lema lebih nikmat dimakan dengan lalapan seperti kabau, jering, atau petai.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lema, sajian Bengkulu yang populer di Jepang". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-07. Diakses tanggal 2022-05-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]