Es goyobod

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Es Goyobod[1] adalah minuman dingin asal Indonesia yang berbasis santan dan mirip dengan es campur

Es goyobod berbahan aci atau tepung tapioka sehingga terasa kenyal, ditambahkan potongan roti tawar, pacar cina, tape singkong, serutan daging kelapa.

Meskipun es goyobod berasal dari Jawa Barat, namun kata goyobod berasal dari bahasa Sunda serapan dari bahasa Belanda, yang berarti 'basah kuyup'.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Meskipun es goyobod berasal dari Jawa Barat, namun kata goyobod berasal dari bahasa Sunda serapan dari bahasa Belanda, yang berarti 'basah kuyup'.[2]. Namun, dalam kamus bahasa Sunda RA Danadibrata, goyobod memiliki arti campuran minuman yang terbuat dari tepung kanji yang diiris persegi, dicampur sirup dan gula merah.[3] Sedangkan menurut KBBI, goyobod adalah campuran hunkue dan santan encer yang direbus dan didiamkan hingga mengeras.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Es Goyobod pertama kali diperkenalkan oleh Junaedi, seorang pedagang yang berjualan es di Jakarta pada 1930-an. Cuaca Jakarta yang panas membuat Junaedi berpikir bahwa berdagang es sangat cocok. Namun, setelah berjualan es campur ini bertahun-tahun tidak menunjukkan hasil yang diharapkan. Usaha ini pun diwariskan kepada anaknya yang bernama Usep Suryana yang membawa resep es campur ini ke Bandung. Pada 1940-an, ia mencoba menjalankan kembali es goyobod di Jalan Banceuy dengan resep yang sama.

Tragedi Bandung Lautan Api pada 1946 membuat ia pindah ke luar kota dan mencoba kembali berdagang di Garut. Di kota inilah akhirnya Es Goyobod menjadi minuman kesukaan masyarakat dan dianggap kuliner legenda Garut.[5]

Sumber lain mengatakan bahwa Es Goyobod dierkenalkan oleh seorang laki-laki bernama Aca asal Cibatu yang melarikan diri ke Garut saat peristiwa Bandung Lautan Api. Setiba di Garut, ia mulai berjualan es ini hingga terkenal sampai sekarang.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "cara membuat Es Goyobod". Pinterest. Diakses tanggal 2020-04-10. 
  2. ^ Aprilia, Annisa (05 Mei 2017). "Es Goyobod, Es khas Sunda Nama Belanda". Okezone.com. Diakses tanggal 10 February 2022. 
  3. ^ Izzudin (10 Mei 2019). "Es Goyobod, Perpaduan Manis Selera Sunda dan Sentuhan Tionghoa". Kumparan.com. Diakses tanggal 10 February 2022. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "go.yo.bod". kbbi.kemdikbud.go.id. 2016. Diakses tanggal 2022-02-10. 
  5. ^ Sadli, Ridwan Ahmad (29 Desember 2014). "Sejarah Es Goyobod Tak Sesegar Rasanya". Portal Berita UPI. Diakses tanggal 10 February 2022. 
  6. ^ Fadillah, Rahma Nur (25 Januari 2022). "Sejarah Goyobod, Kesegaran dari Cibatu yang Terkenal Sejak Zaman Kolonial". Infogarut.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-10. Diakses tanggal 10 February 2022.