Nasi kebuli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nasi kebuli
أرز كبولي
Nasi Kebuli Jakarta.JPG
Sepiring nasi kebuli dengan daging kambing dan taburan kismis diatasnya
Nama lainNasi kebuli kambing
SajianMakanan utama
Tempat asalIndonesia
DaerahJakarta
Dibuat olehWarga keturunan Hadrami di Indonesia
Suhu penyajianPanas
Bahan utamaNasi dengan minyak samin dan dibumbui, disajikan dengan daging kambing, kurma atau kismis
Informasi lainBiasa disajikan saat hari raya Idulfitri, Iduladha, dan Maulid Nabi

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia.[1] Nasi kebuli dipengaruhi oleh budaya Arab dan asal usulnya dapat ditelusuri dari Timur Tengah, terutama pengaruh Yaman Arab (nasi mandi atau kabsa), dengan pengaruh masakan India (nasi biryani), dan pengaruh Afghanistan (palaw kabuli), sejenis pilaf.

Dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik.

Cara memasak[sunting | sunting sumber]

Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (kadang diganti santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang. Daging kambing ini bisa diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, kadang juga ditambahi sambal goreng hati.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber (2020-08-01). "Resep Nasi Kebuli Daging Kambing yang Sering Dikira dari Timur Tengah Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-12-13.