Masakan Bali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Contoh dari hidangan Bali, seperti sate lilit, nasi kuning, lawar, dan pelengkap berupa sambal lala manis
Orang Bali sedang mempersiapkan sate daging babi untuk perayaan keagamaan komunal
Nasi campur Bali dengan sate lilit versi daging dan ikan
Telur bumbu dari Bali

Masakan Bali adalah masakan tradisi masyarakat Bali dari pulau Bali. Masakan Bali adalah salah satu masakan yang paling kompleks di dunia. Menggunakan variasi yang luar biasa dari rempah-rempah, dicampur dengan sayuran segar, daging dan ikan.[1] Bagian dari masakan Indonesia, hal ini menunjukkan tradisi asli, serta pengaruh dari masakan daerah Indonesia lainnya, Tiongkok dan India. Penduduk pulau yang didominasi beragama Hindu dan tradisi kuliner yang agak berbeda dengan daerah lain di Indonesia, dengan festival dan perayaan keagamaan termasuk banyak makanan khusus disiapkan sebagai persembahan untuk dewa, serta hidangan lainnya yang dikonsumsi secara komunal selama perayaan.

Nasi hampir selalu dikonsumsi sebagai makanan pokok disertai dengan sayuran, daging dan makanan laut. Daging babi, ayam, buah, sayuran dan makanan laut secara luas digunakan, namun seperti kebanyakan umat Hindu, Daging sapi tidak pernah atau jarang dikonsumsi.

Bali adalah tujuan wisata yang populer, dan daerah ini memiliki cukup banyak sekolah memasak dengan kursus harian untuk masakan Bali.[2] Pasar malam, warung, dan pedagang buah menjual makanan lokal yang lezat.[2] Festival termasuk makanan hiasan disiapkan sebagai bagian dari perayaan. Sebagai daerah wisata populer, banyak makanan barat juga tersedia serta masakan etnis regional lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Flavours of Indonesia, Balinese Food". Destination Asia. Diakses tanggal 26 August 2014. 
  2. ^ a b "Bali: The Online Travel Guide - Food". Home.mira.net. Diakses tanggal 2013-07-01. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Bali Unveiled: The Secrets of Balinese Cuisine - Heinz Von Holzen. Diakses tanggal 2013-07-01. 
  • Street Foods of Bali - Heinz von Holzen. Diakses tanggal 2013-07-01. 
  • Balinese Food: The Traditional Cuisine and Food Culture of Bali. Dr. Vivienne Kruger, Ph.D. (Tuttle Publishing, April 2014)
  • Forty Delicious Years 1974-2014. Murni's Warung, Ubud, Bali: From Toasted Sandwiches to Balinese Smoked Duck. By Jonathan Copeland, Rob Goodfellow, and Peter O'Neill (Orchid Press, Jun 1, 2014)
  • Secrets of Bali, Fresh Light on the Morning of the World, Jonathan Copeland and Ni Wayan Murni,(Orchid Press, September 2010)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]