Opor ayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Opor ayam
Opor Ayam Telur Pindang.JPG
Semangkuk opor ayam.
Tempat asal Indonesia
Wilayah atau negara bagianPulau Jawa
Dibuat olehOrang Jawa
Suhu penyajianPanas atau temperatur ruangan
Bahan utamaDaging ayam dan santan
Energi makanan
(per porsi )
392 kalori kcal

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng hati.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Opor ayam adalah makanan sudah ada sejak dulu bahkan dipastikan sejak jaman kerajaan dulu. Opor ayam biasa disajikan oleh masyarakat biasa yang pada waktu dulu tidak bisa makan daging. Karena daging dulu biasanya disuguhkan oleh keluarga kerajaan. Karena ingin menikmati hidangan serupa terciptalah opor ayam.

Hingga saat ini opor menjadi hidangan sederhana yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat. Karena rasanya yang tidak terlalu berat dan pembuatannya yang tergolong mudah menjadikan opor cocok sebagai hidangan sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Untuk pembuatan opor ayam tergolong sangat mudah. Ayam yang sudah diolah dan bersihkan kemudian di masukkan ke dalam panci berisi air dengan bumbu kunyit dan sedikit santan. Kemudian

Variasi opor Nusantara[sunting | sunting sumber]