Buntil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Buntil dari Surabaya

Buntil adalah makanan tradisional Jawa berupa "parutan daging kelapa yang dicampur dengan teri dan bumbu-bumbu, dibungkus daun pepaya, kemudian direbus dalam santan.[1][2] Makanan ini biasa dijajakan di pasar maupun pedagang kaki lima sebagai lauk untuk nasi.

Buntil dideskripsikan sebagai "parutan kelapa dengan ikan teri yang dibungkus daun pepaya"[3], buntil sebenarnya adalah semacam bothok yang dibungkus dengan daun muda singkong dan diberi sedikit cairan kuah pedas yang terbuat dari santan. Isinya adalah parutan kelapa yang diberi bumbu. Daun pembungkus yang lain yang sering digunakan adalah daun talas atau daun sente. Berbeda dengan bothok, daun pembungkus pada buntil juga dapat turut dikonsumsi.

Di daerah Laut Tengah (terutama dari Yunani dan Turki) dikenal pula makanan semacam buntil dengan pembungkus daun anggur muda dan diisi dengan nasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Slamet Susanto Tembi Ndeso Resort: Modern facilities, old Javanese charm Bantul, Yogyakarta 07/11/2008 Java Brew Jakarta Post
  2. ^ Badiatul Muclisin Asti & Laela Nurisysyafa'ah Kumpulan Resep Masakan Tradisional dari Sabang sampai Merauke Media Pressindo ISBN 979-788-072-9, ISBN 978-979-788-072-9
  3. ^ Slamet SusantoHandicraft shopping in the countryside 02/26/2009 Jakarta Post