Babungku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Babungku atau Bubungku adalah makanan khas Banjar Kalimantan Selatan. Babungku bermakna berbungkus. Babungku terbuat dari tepung beras, air santan kental, gula merah, dan garam serta daun pisang sebagai pembungkusnya. Pengolahan kue ini dimulai dengan merebus air santan hingga mendidih, angkat, setelah terasa suam maka tuangkan sedikit demi sedikit ke tepung beras yang sudah disiapkan di dalam wadah, diaduk hingga menyatu dan kental.

Sementara itu siapkan halung yaitu potongan daun pisang yang dibentuk segi empat panjang dengan melipat kedua ujungnya ke atas. Ukurannya disesuaikan dengan besar kecilnya kue babungku yang akan dibuat. Kemudian, adonan yang telah dimasak tersebut diambil secukupnya (sasanduk) lalu dibungkus dengan daun pisang. Bagian kiri dan kanannya dijepit dengan lidi dan diikat dengan daun kelapa.

Makna filosofi dari dibungkus daun pisang dan diikat dengan lidi dan daun kelapa tersebut adalah bahwa dalam kehidupan sehari-hari tidak semua hal yang harus diketahui oleh orang lain. Akan tetapi, ada hal lain yang wajib dirahasiakan dan disembunyikan agar tidak diketahui oleh orang lain. [1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rahmawati, Neni Puji Nur,. Makna simbolik dan nilai budaya kuliner "wadai Banjar 41 macam" pada masyarakat Banjar Kalsel (edisi ke-Cetakan pertama). Yogyakarta. ISBN 978-602-1228-94-4. OCLC 957057293.