Pisang cokelat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pisang cokelat
Pisangcokelat.jpg
Setumpuk pisang cokelat
Nama lainPiscok
JenisKudapan
Wilayah atau negara bagianIndonesia
Bahan utamaPisang, cokelat, kulit lumpia
Hidangan serupaTuron

Pisang cokelat atau kerap disingkat piscok,[1] adalah kudapan manis dari Indonesia yang terbuat dari irisan pisang dengan cokelat cair atau susu kental manis cokelat, yang dibungkus dalam kulit tepung tipis mirip crepe, atau lazim menggunakan kulit lumpia yang kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng yang banyak.[2] Pisang cokelat sering didefinisikan secara singkat sebagai "lumpia pisang cokelat".[1] Makanan ini sering dianggap sebagai perpaduan antara pisang goreng dan lumpia.

Jenis pisang yang digunakan biasanya sama dengan pisang yang biasa digunakan untuk pisang goreng; yaitu pisang uli, pisang kepok atau pisang raja sereh. Sedangkan kulit yang digunakan biasanya kulit lumpia siap pakai yang dijual di pasar.[3] Di Indonesia, pisang cokelat dianggap sebagai salah satu variasi pisang goreng, dan digolongkan ke dalam kategori gorengan. Oleh pedagang gorengan kaki lima, pisang cokelat, bisa juga dijual bersama dengan tempe goreng, tahu goreng, dan pisang goreng. Makanan ini populer sebagai kudapan atau makanan kecil, disajikan oleh pedagang gorengan kakilima, sampai di kafe atau restoran sebagai teman minum kopi atau teh.[2]

Pisang cokelat hampir identik dengan jajanan Filipina bernama turon, yaitu lumpia pisang. Perbedaan dengan piscok adalah turon biasanya tidak mengandung cokelat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Easy Chocolate Banana Spring Rolls". Much Butter (dalam bahasa Inggris). 2019-09-09. Diakses tanggal 2020-04-17. 
  2. ^ a b "5 Cara Membuat Pisang Coklat Lumer, Enak dan Gampang Banget". merdeka.com. Diakses tanggal 2020-04-17. 
  3. ^ Tri Hagung. "Membuat Piscok (Pisang Coklat)". Kompasiana. Diakses tanggal 2020-04-17.