Pacar cina (makanan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mutiara sagu sebelum dimasak

Pacar cina, disebut juga mutiara sagu atau sagu mutiara, adalah sejenis penganan yang terbuat dari tapioka. Makanan yang umumnya berbentuk butiran kecil-kecil setengah transparan ini dikenal di banyak negara, terutama di Asia Timur, Tenggara, dan Selatan. Kudapan yang acap dijadikan campuran dalam kue-kue, bubur, ataupun minuman, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan tapioca pearls.

Rasa dan kegunaan[sunting | sunting sumber]

Terbuat dari tepung kanji yang diberi, atau tidak diberi, warna-warni pewarna makanan, pacar cina umumnya tidak berbau dan tidak berasa selain rasa tepung. Karena rasanya yang netral ini, dan karena tampilannya yang menarik berwarna-warni, pacar cina ini dipilih untuk dijadikan campuran berbagai macam kudapan; baik yang panas atau yang dingin; baik yang berasa manis, gurih, atau asin.

Untuk menyebut beberapa, contoh kudapan yang menggunakan pacar cina sebagai salah satu bahannya, di antaranya adalah bubur mutiara; bubur sumsum; sekoteng; kolak; es campur; es doger; berbagai macam puding; kue-kue seperti nagasari, mendut, dan putu. Bahkan ada pula yang memasukkannya ke dalam tumis sayuran, atau asinan.

Pacar Cina di Berbagai Negara[sunting | sunting sumber]