Rolade daun singkong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Roladetahudaunsingkong2.jpg
Rolade Daun Singkong
Asal
Daftar asal Indonesia
Dari daerah Semarang Jawa Tengah

Rolade daun singkong adalah camilan gorengan khas Semarang. Makanan ini populer di Semarang dan sering dijajakan oleh pedagang kaki lima dijalan. Gorengan ini cukup unik karena jarang ditemui selain di Semarang dan bentuknya yang tidak biasa.

Bahan untuk membuatnya sangat sederhana berupa daun singkong dan tahu halus yang dicampur dengan bumbu rempah kemudian digulung dan digoreng. Meskipun menggunakan bahan sangat sederhana atau tanpa daging, Rolade tahu daun singkong memiliki rasa yang sangat nikmat di lidah dan gurih.

Cara membuat[sunting | sunting sumber]

Artikel atau bagian artikel ini mungkin lebih cocok dipindahkan ke wikibooks [pindah]

Cara membuat :

  • Bungkus tahu dengan serbet bersih, beri pemberat supaya tiris airnya. Haluskan tahu, sisihkan. Peras daun singkong rebus sampai habis airnya (setelah diperas kira-kira beratnya 250 gr )
  • Iris-iris halus daun singkong kemudian campur dengan tahu halus. Beri 2/3 bumbu halus, aduk rata. Cek rasanya. Jika suka beri bumbu penyedap/vitsin secukupnya.
  • Ambil adonan daun singkong sebanyak ± 1 sdm, bentuk bulat sambil dikepal-kepal supaya padat. Lakukan terus sampai habis. Sisihkan.
  • Dalam wadah yang lain campur terigu dan sisa bumbu halus, tuangi air sampai rata dan kental seperti adonan tempe mendoan.
  • Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Celupkan bola-bola singkong ke dalam adonan terigu sampai terbalut rata. Goreng dalam minyak dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama cabe rawit

Pranala luar[sunting | sunting sumber]