Gudangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gudangan
Gudangan.jpg
Gudangan
Asal
Daftar asal Indonesia
Dari daerah Jawa Tengah


Gudangan adalah makanan yang terdiri dari aneka sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal kelapa parut. Gudangan sering dijadikan sebagai hidangan untuk hajatan tertentu oleh masyarakat seperti syukuran, selapanan dan selamatan.

Makanan ini dapat ditemukan di daerah jawa, khususnya jawa tengah. Menu berbahan dasar sayuran ini begitu lengkap dan memiliki cita rasa Indonesia.

Gudangan tak seperti sayur pada umumnya yang hanya terdiri satu macam sayur saja, namun gudangan bisa beraneka ragam bahan sayuran sesuai dengan selera kita masing-masing.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Untuk membuat gudangan sendiri sebenarnya juga cukup mudah karena hanya beberapa macam sayur direbus, kemudian ditaburi oleh bumbu yang sangat unik karena terbuat dari kelapa parut atau ada juga yang menyebutnya sebagai sambal gudangan. Karena pembuatan yang mudah tersebut sehingga gudangan tidak hanya untuk acara khusus saja namun juga menjadi salah satu macam sajian untuk makan keluarga sehari-hari, selain itu terkadang dipasar-pasar tradisional juga ada yang menjajakannya.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan-bahan sayur Bayam, Kulbis, Wortel dipotong memanjang seperti korek api, kecambah, kacang panjang dipotong-potong, daun ketela muda, sayur adas dan lain-lain sesuai selera sayuran masing-masing.

Bahan bumbu kelapa 300 gram kelapa muda yang telah diparut 2 cm kencur 3 siung bawang putih 3 buah cabai merah Cabe rawit sesuai selera tergantung suka pedas atau tidak 2 lembar daun jeruk purut Guka Jawa dan garam secukupnya Bahan pelengkap Nasi Hangat, telur rebus dibelah dua secara horizontal, rempeyek kacang, ikan gereh pethek goreng.

Cara membuat yaitu:

  • Rebuslah semua sayuran hingga lunak angkat dan tiriskan, kemudian sisihkan jangan tercampur menjadi satu
  • Haluskan semua bahan bumbu kecuali kelapa parut, jika sudah baru campurkan dengan kelapa parut tersebut kemudian aduk hingga merata
  • Cara menyajikan tuangkan nasi di piring, kemudian sayuran-sayuran yang sudah direbus secukupnya, kemudian taburi bumbu kelapa, dan yang terakhir telur rebus, rempeyek, ikan gereh pethek goreng.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]