Sambal Samtis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Samtis)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Samtis
Asal
Nama lainSamtis
Sambal dan Petis
Sambal Samtis
AsalIndonesia
Dari daerahJepara, Jawa Tengah

Sambal Samtis adalah sambal khas Jepara, yang terbuat dari pencampuran sambal dan petis khas Jepara berbahan baku Udang dan Cumi-cumi dipadukan dengan cabai dan bumbu lainnya. Menjadi salah satu alternative lauk teman untuk makan nasi. Samtis cocok bagi penggemar rasa pedas.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan-bahan untuk membuat samtis khas Jepara, yaitu: Petis udang (atau cumi-cumi), Kecap manis, Bawang putih goreng, Bawang putih, Cabai rawit, gula merah, Air, dan garam secukupnya.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Proses pembuatan Samtis, Uleg bawang putih dan cabai rawit merah yang telah Anda sediakan sampai halus. Masukkan ke dalam ulegan petis, garam, gula, kecap, bawang putih goreng dan uleg kembali. Tuang air dan uleg sampai merata. Taburkan bawang goreng untuk menyedapkannya.

Modernisasi[sunting | sunting sumber]

Samtis kini bisa dibawa kemana-mana, tidak hanya dijual di warung saja. Karena, Samtis sekarang juga dikemas dengan botol kaca sehingga cukup hygines cocok bagi penggemar rasa pedas. Untuk dikonsumsi secara pribadi atau untuk rumah makan. Cocok juga sebagai oleh-oleh untuk teman, tetangga dan kerabat anda. Serta tersedia dua Varian sambal petis udang dan sambal petis cumi-cumi. Samtis Bang Emir[1] salah satu produk samtis yang telah di kemas secara modern, dari kemasannya menggunakan botol kaca[2] juga desain logo brandingnya yang menarik.


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]