Ayam Goreng Jeporo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ayam Goreng Jeporo
Nama lainJeporo Fried Chicken
Tempat asalIndonesia
Wilayah atau negara bagianJepara, Jawa Tengah

Ayam Goreng Jeporo adalah salah satu kuliner masakan khas[1] Kabupaten Jepara yang berbahan dasar Ayam. Meskipun nama Ayam Goreng Jeporo ada kemiripan dengan Ayam Goreng Jepara mulai dari asal daerah hingga namanya, tetapi bahan dan rasa masakannya berbeda.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat Ayam Goreng Jeporo adalah daging ayam kampung, santan kelapa, soda kue, bawang putih, daun salam, lengkuas, garam, gula merah,dan minyak goreng atau margarin.

Cara pembuatan[sunting | sunting sumber]

cara membuat Ayam Goreng Jeporo, Rebus ayam bersama santan kelapa dan bahan lain hingga air hampir habis dan ayam lunak. Tambahkan air bila perlu. Tiriskan dan dinginkan. Kemudian Goreng ayam dengan minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecokelatan (tidak terlalu kering). Angkat dan oleskan sisa kuah kental bekas rebusan ayam supaya tampak mengkilat.

Sambal[sunting | sunting sumber]

Bahan membuat sambal untuk Ayam Goreng Jeporo adalah cabai merah (buang bijinya), bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi, garam, dan gula. Cara membuat sambal untuk Ayam Goreng Jeporo yaitu, uleg semua bahan, setelah sudah cukup lembut dan tercampur rata, siap di hidangkan sebagai teman makan Ayam Goreng Jeporo.


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]