Serundeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Serundeng daging sapi
Serundeng yang terbuat dari kelapa

Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang sering digunakan sebagai lauk-pauk nasi. Serundeng dibuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu seperti merica, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu-bumbu ini dihaluskan sebelum digunakan. Serundeng umumnya dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, yaitu hidangan serundeng daging, atau ditaburkan di atas soto, ketan, atau burasa (makanan Makassar) untuk menambah gurih rasa masakan tersebut.

Di Malaysia istilah serunding merujuk kepada abon daging sapi atau ayam, abon Malaysia ini dapat dicampur kelapa parut seperti serundeng Indonesia atau tidak. Sedangkan di Indonesia serundeng jelas merujuk kepada kelapa parut goreng, kecuali di Kepulauan Riau yang juga dapat merujuk kepada abon daging sapi atau ayam, bahkan abon mangrove.

Namun, di Sumatera Barat sedikit berbeda. Istilah serundeng bukan merujuk pada makanan dengan bahan dasar kelapa ini. Serundeng di Sumatera Barat terdiri atas kentang dan ubi[1] yang dipotong kecil-kecil serta kacang lalu diberi rempah-rempah dan digoreng. Rasanya gurih dan nikmat tentunya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paramitha, Tasya (2017-04-11). "Sensasi Kelezatan Serundeng Ubi Minang". VIVA.co.id. Diakses tanggal 2017-11-25. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]