Sambal Raden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sambal Raden
Asal
AsalIndonesia
Dari daerahJepara, Jawa Tengah

Sambal Raden adalah sambal[1] khas Jepara yang berasal dari Kecamatan Kalinyamatan tepatnya dari Desa Robayan dan Desa Kriyan (daerah bekas Benteng Keraton Kalinyamat). berbahan baku tomat dan terasi dipadukan dengan cabai dan bumbu lainnya. Sambal Raden menjadi teman makan tempe goreng dan nasi. Sambal Raden rasanya hampir mirip dengan sambal terasi, perbedaanya[2] Sambal Raden dengan Sambal Terasi adalah sambal raden tidak memakai bahan bawang baik itu bawang merah ataupun bawang putih, sedangkan sambal terasi menggunakan bahan bawang.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan-bahan[3] untuk membuat Sambal Raden khas Jepara, yaitu: Minyak Goreng, Cabai Keriting, Cabai Rawit, Tomat, Terasi, dan Garam secukupnya.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Proses pembuatan Sambal Raden, Digoreng semua bahan sampai layu, kemudian diuleg semua bahan, masukan sedikit garam, dan sedikit moto, uleg sampai halus. Setelah sudah cukup halus, siap dihidangkan. Sambal Raden sangat nikmat dimakan dengan lauk tempe goreng ataupun ayam goreng dan nasi putih panas.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Sambal Raden berasal daerah Kecamatan Kalinyamatan tepatnya dari Desa Robayan dan Desa Kriyan. Kemungkinan besar sambal tersebut merupakan sambal favorit di kraton Kerajaan Kalinyamat yang terletak di daerah Desa Robayan dan Kriyan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranata luar[sunting | sunting sumber]