Stasiun Parungpanjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Stasiun Parung Panjang
  • Singkatan: PRP
Stasiun Parungpanjang.jpg
Stasiun Parung Panjang.
Lokasi
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bogor
Kecamatan Parung Panjang
Alamat Jalan Sayuti No. 2
Kode pos 16360
Informasi lain
Operator Daerah Operasi I Jakarta
Ketinggian +54 m
Layanan KA Commuter Jabodetabek
Operasi
Stasiun sebelumnya   KRL Jabodetabek   Stasiun selanjutnya
Parung Panjang-Tanah Abang Terminus
Maja-Tanah Abang
menuju Maja
Rangkasbitung-Tanah Abang

Stasiun Parung Panjang (PRP) adalah stasiun kereta api yang terletak di Parungpanjang, Bogor. Stasiun ini merupakan salah satu titik pemberhentian terakhir di Serpong Loop-Line. Serpong Loop-Line terdiri terbagi menjadi Tanah Abang-Serpong, Tanah Abang-Parung Panjang, dan Tanah Abang-Maja.

Pada zaman penjajahan Belanda, stasiun ini merupakan stasiun pembantu untuk bengkel, karena berada pertengahan antara Merak dan Jakarta. Dahulu stasiun ini merupakan stasiun yang lebih besar daripada Stasiun Tanahabang.

Stasiun ini berada di depan Pasar Parung Panjang. Stasiun ini juga tidak jauh dari jalan raya PLP Curug-Parung Panjang-Lebakwangi-Bunar sehingga banyak penumpang yang berasal dari Curug yang turun di sini.

Renovasi stasiun Parung Panjang telah selesai dan diresmikan 11 Mei 2016. Saat ini memiliki 4 peron, dengan peron 1 dan 4 untuk parkir KRL, peron 2 untuk kereta menuju Tigaraksa - Maja - Rangkas - Serang - Merak. Peron 3 untuk kereta tujuan stasiun Serpong - Tanah Abang.

Keunggulan daerah parung panjang yang berbatasan dengan kabupaten tangerang merupakan daya tarik. Saat ini banyak sekali perumahan baru yang dibangun, hanya sayangnya, kekurangan mendasar adalah kondisi jalan akibat truk pasir yang berseliweran.

Masalah dasar di stasiun Parung Panjang

  • Jalur akses ke stasiun melalui pasar yang becek jika hujan
  • Stasiun yang berdempetan dengan pasar yang sudah tidak sesuai dengan konsep modern. Mungkin dahulu pasar tradisional dibangun mendekati stasiun agar perekonomian tergerak. Adanya pasar ini, jika tertata rapi masih bagus tetapi pasar parung panjang sangat berantakan, batas lapak yang tidak jelas, dan tumpukan sampah.
  • Transportasi menuju stasiun parung panjang yang susah karena melalui pasar. Jalan di aprung panjang juga merupakan jalan yang jelek dan sering rusak karena adanya truk pengangkut pasir yang bersliweran dimana-mana. Untuk pilihan lain, selain angkot, adalah ojek.

Rencananya, jalur elektrifikasi akan kembali diperpanjang hingga Stasiun Rangkasbitung. Jika rencana pengaktifan Jalur kereta api Citayam-Nambo terwujud, serta perpanjangan jalur elektrifikasi dari Blue Line hingga Stasiun Cikarang, stasiun Rangkasbitung adalah titik terminus dari jalur lingkar baru dari KA Commuter Jabodetabek PParungpanjang-Citayam - Nambo- Cikarang melalui Stasiun Nambo dan Stasiun Citayam.

Layanan kereta api[sunting | sunting sumber]

KRL/CommuterLine Jabdetabek[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. http://megapolitan.kompas.com/read/2016/05/11/16201011/Menengok.Wajah.Baru.Stasiun.Parung.Panjang
  2. http://www.krl.co.id/sekilas-krl.html
  3. http://www.kereta-api.co.id/
  4. http://www.infoparungpanjang.com/2010/11/pasar-parungpanjang-jadi-target.html
  5. http://www.metropolitan.id/2016/03/pedagang-dipaksa-setor-rp13-ribu-per-hari/
  6. http://www.inilahkoran.com/berita/jabar/57123/bupati-siapkan-jalan-truk-tambang-parungpanjang
Jalur kereta api Tanahabang-Merak
Stasiun sebelumnya:
Stasiun Cicayur
Stasiun berikutnya:
Stasiun Cilejit

Koordinat: 6°20′39″LS 106°34′07″BT / 6,3441538°LS 106,5686595°BT / -6.3441538; 106.5686595