Stasiun Binjai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stasiun Binjai
Stasiun-ka-binjai-300x225.jpg
Stasiun Binjai
Letak
Provinsi Sumatera Utara
Kota Binjai
Kecamatan Binjai Timur
Sejarah
Informasi lain
Operator DIvisi Regional 1 Sumatera Utara dan NAD
Kode stasiun BIJ
Tata letak stasiun


Stasiun Binjai (BIJ) adalah stasiun kereta api yang terletak di Binjai Timur, Binjai. Stasiun yang terletak pada ketinggian +29,52 m ini berada di Divisi Regional 1 Sumatera Utara dan NAD. Tidak seperti kebanyakan stasiun lain di Sumatera Utara yang sudah berganti arsitektur, Stasiun Binjai masih mempertahankan gaya bangunan kolonial semenjak masa pembangunannya dulu.

Stasiun Binjai saat ini sudah tidak melayani pemerjalanan KA menuju Besitang karena jalur ke Besitang sendiri sudah dinonaktifkan. Selain itu, stasiun ini juga tidak lagi melayani angkutan barang. Pada masa lalu, terdapat 4 stasiun antara Medan-Binjai, yakni Sikambing, Sunggal, Sungai Semayang, dan Diski.

Dahulu, Stasiun Binjai merupakan persimpangan jalur ke Besitang dan jalur ke Kuala. Namun saat ini jalur kereta api ke Kuala sudah mati dan yang tersisa hanyalah bekas-bekasnya saja. Jalur kereta api menuju Kuala dan Besitang terdapat di sebelah Utara stasiun Binjai.

Stasiun Binjai dahulu memiliki 6 jalur kereta api, namun sekarang hanya tersisa 3, yang menggunakan rel R25 & R33. Di ujung utara stasiun ini juga masih terdapat sisa menara air dan sumurnya, serta corong pipa pancuran pengisian air untuk lokomotif uap di ujung utara dan selatan emplasemen stasiun ini.

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Binjai.

Stasiun sebelumnya:
Stasiun Medan
Jalur kereta api Medan-Besitang Stasiun berikutnya:
Stasiun Kuala Begumit

Koordinat: 3°36′35″LU 98°29′52″BT / 3,609612°LU 98,4978014°BT / 3.609612; 98.4978014