Stasiun Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Kebumen

LiveryPapanStasiun 2020.svg

PapanNamaStasiun KM.png
  • Singkatan: KM
  • Nomor: 2028
Stasiun Kebumen 2019.jpg
Tampak depan Stasiun Kebumen
LokasiJalan Stasiun Kebumen
Panjer, Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah 54312
Indonesia
Koordinat7°40′55″S 109°39′44″E / 7.6818807°S 109.662137°E / -7.6818807; 109.662137Koordinat: 7°40′55″S 109°39′44″E / 7.6818807°S 109.662137°E / -7.6818807; 109.662137
Ketinggian+21 m
OperatorDaerah Operasi V Purwokerto
Letak dari pangkalkm 450+732 lintas Bogor-Bandung-Banjar-Kutoarjo-Yogyakarta[1]
Jumlah peron4 (satu peron sisi yang agak tinggi, dua peron pulau tinggi dan satu peron pulau yang agak tinggi)
Jumlah jalur5 (jalur 2 dan 3: sepur lurus)
Konstruksi
Gaya arsitekturIndische Empire
Informasi lain
KlasifikasiBesar tipe C[2]
Sejarah
Dibuka16 Juli 1887[3]
Nama sebelumnyaStation Keboemen
Perusahaan awalStaatsspoorwegen Oosterlijnen
Operasi layanan
Stasiun sebelumnya Layanan lokal/komuter Stasiun berikutnya
Terminus KA Bandara YIA
Kebumen–Yogyakarta, p.p.
(Wonosari stop)
Wonosari
ke arah Yogyakarta
KA Bandara YIA
Kebumen–Yogyakarta, p.p.
(Kutowinangun stop)
Kutowinangun
ke arah Yogyakarta
KA Bandara YIA
Yogyakarta–Kebumen, p.p.
Kutoarjo
ke arah Yogyakarta
Layanan
Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Gajayana (reguler & fakultatif), Bima (arah Jakarta), Turangga (arah Jakarta), Taksaka (kecuali jadwal malam arah Yogyakarta), Mutiara Selatan (arah Bandung), Malabar, Singasari, Gaya Baru Malam Selatan, Ranggajati, Wijayakusuma, Anjasmoro, Mataram, Fajar Utama YK (arah Yogyakarta), Senja Utama YK, Bogowonto (arah Yogyakarta), Gajah Wong, Sawunggalih (reguler & fakultatif), Lodaya (reguler & tambahan), Joglosemarkerto, Logawa, Jayakarta (arah Surabaya), Jaka Tingkir (arah Solo), Kahuripan (arah Bandung), Pasundan (reguler & tambahan), Bengawan, Progo, Kutojaya Utara (reguler & tambahan), Kutojaya Selatan (reguler & tambahan), Bandara YIA, dan Parcel ONS
Fasilitas dan teknis
Tipe persinyalan
Pemesanan tiketSistem tiket daring, melayani pemesanan langsung dan pengubahan/pembatalan jadwal keberangkatan di loket. Terdapat fasilitas ala bandara berupa check-in mandiri untuk pencetakan boarding pass.
Lokasi pada peta
Stasiun Kebumen berlokasi di Indonesia
Stasiun Kebumen
Stasiun Kebumen
Lokasi di Indonesia

Stasiun Kebumen (KM) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe C yang terletak di Panjer, Kebumen, Kebumen; termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto pada ketinggian +21 meter. Sebagai stasiun utama di Kabupaten Kebumen dan berada di dekat pusat pemerintahan Kabupaten Kebumen, sebagian besar kereta api yang melintas di jalur selatan Pulau Jawa berhenti di stasiun ini. Stasiun ini adalah stasiun terminus untuk KA Bandara YIA dari dan tujuan Yogyakarta.

Jika dilihat dari angkutan antarmodanya, jarak antara Terminal Kebumen dengan stasiun ini dibilang cukup jauh. Lokasinya berdekatan dengan Markas Kodim 0709 Kebumen dan RSUD Kebumen lama, Stasiun ini berjarak 1,4 km ke selatan dari Tugu Lawet Kebumen. Tepat di depan stasiun ini terdapat kompleks pabrik minyak sawit Mexolie (Maatschappij tot Exploitatie van Oliefabriek) yang kini sudah dijadikan hotel dan restoran.[5]

Ke arah barat laut stasiun ini, sebelum Stasiun Sruweng, terdapat Stasiun Soka yang sudah dinonaktifkan sejak jalur ganda dioperasikan karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Stasiun Kebumen.

Bangunan dan tata letak[sunting | sunting sumber]

Emplasemen Stasiun Kebumen dan KA Kutojaya Selatan yang sedang menaikturunkan penumpang, Maret 2020

Stasiun Kebumen memiliki lima jalur kereta api. Pada awalnya, jalur 2 merupakan sepur lurus. Jalur 4 dan 5 sempat dibongkar pada tahun 2014 karena masih menggunakan rel berukuran kecil dan jarang digunakan. Setelah jalur ganda dioperasikan dari stasiun ini hingga Stasiun Wonosari per 14 Desember 2019 dan kemudian menyusul selesainya pembangunan ulang Jembatan Renville per 5 Mei 2020, emplasemen stasiun ini sedikit dirombak dan diperpanjang ke arah tenggara. Jalur 2 dijadikan sebagai sepur lurus arah Kroya saja, jalur 3 dijadikan sebagai sepur lurus arah Kutoarjo, serta jalur 4 dan 5 selesai dibangun ulang. Atap overcapping yang memayungi semua jalur di stasiun ini telah diganti dengan yang baru dan berukuran lebih besar. Peron stasiun juga telah diperpanjang dan ditinggikan sehingga dapat memuat rangkaian kereta api yang panjang dan semakin memudahkan penumpang naik dan turun di peron. Bangunan lama stasiun ini tetap dipertahankan karena sebagian dari bangunannya, seperti jendela krepyak di depan stasiun, masih asli.[6][7] Selain itu, persinyalan elektrik lama produksi Westinghouse Rail Systems yang telah beroperasi sejak 1999 sudah digantikan dengan yang terbaru produksi PT Len Industri.

Dulu jalur 5 terhubung dengan jembatan timbang di sebelah timur emplasemen yang kini menjadi cagar budaya. Di sini terdapat pula percabangan rel menuju Sungai Luk Ulo yang dahulu digunakan untuk layanan pengangkutan pasir, tetapi kini jalur tersebut sudah dinonaktifkan.[8]

Sejak jalur ganda tersebut dioperasikan, stasiun ini kini memiliki keunikan pada diagram lintasan jalur relnya berupa adanya wesel ujung yang berjarak hampir dua kilometer di sebelah barat laut stasiun. Wesel tersebut sengaja diletakkan jauh dari stasiun karena terdapat tikungan besar yang membentuk huruf S dan juga Jembatan Renville yang membentang di atas sungai tersebut.

Layanan kereta api[sunting | sunting sumber]

Penumpang[sunting | sunting sumber]

Kelas eksekutif[sunting | sunting sumber]

Kelas campuran[sunting | sunting sumber]

Kelas ekonomi premium[sunting | sunting sumber]

Kelas ekonomi plus[sunting | sunting sumber]

Jaka Tingkir, tujuan Solo via Yogyakarta

Kelas ekonomi plus/premium[sunting | sunting sumber]

Sawunggalih Fakultatif, tujuan Jakarta via Purwokerto-Cirebon dan tujuan Kutoarjo (terkadang ditambahkan kereta kelas eksekutif)

Kelas ekonomi[sunting | sunting sumber]

KA bandara[sunting | sunting sumber]

KA Bandara YIA, dari dan tujuan Yogyakarta

Barang[sunting | sunting sumber]

Parcel ONS (over-night service), tujuan:

Papasan dan persusulan[sunting | sunting sumber]


Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero). 
  2. ^ PT Kereta Api Indonesia (Persero) (2019). Sekilas Cerita Daop 5 Purwokerto (PDF). e-PPID PT Kereta Api Indonesia. 
  3. ^ Codingest (2019-11-16). "Stasiun Kebumen, Masa Lalu dan Masa Kini - inikebumen". inikebumen.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-19. 
  4. ^ Susanti, D.M. (Januari 2008). Kajian atas Pengelolaan Pengetahuan dalam Pengoperasian Teknologi Persinyalan Kereta Api (Studi Kasus Daop 2 Bandung) (S2). Program Magister Studi Pembangunan, Sekolah Arsitektur, Pengembangan, dan Perencanaan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung. 
  5. ^ "Tarif Bersaing, Ini Deretan Hotel Paling Dekat dengan Stasiun Kebumen – Penginapan.net 2019". Diakses tanggal 2019-12-15. 
  6. ^ Codingest (2019-12-10). "Jalur Rel Ganda Jombang-Cirebon Rampung Akhir 2020 - inilahkoran". Inilahkoran.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-15. 
  7. ^ "Jalur Ganda KA Jateng Selatan Ditarget Selesai April 2020". Republika Online. 2019-12-10. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama mka

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Indonesia) Situs resmi KAI dan jadwal kereta api tahun 2019

Stasiun sebelumnya DJKA Kemenhub Lintas Kereta Api Indonesia Stasiun berikutnya
Soka
ke arah Kroya
Kroya–Kutoarjo–Purworejo Wonosari
ke arah Purworejo