Stasiun Angke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Stasiun Angke
  • Singkatan: AK
DSC00410.JPG
Stasiun Angke
Lokasi
Provinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta Barat
Kecamatan Tambora
Kelurahan Angke
Kode pos 11330
Informasi lain
Operator Daerah Operasi I Jakarta
Ketinggian ?
Layanan KA Commuter Jabodetabek
Operasi
Stasiun sebelumnya   KRL Jabodetabek   Stasiun berikutnya
menuju Bogor
Bogor-Jatinegara
menuju Jatinegara
Terminus Angke-Nambo
menuju Nambo
menuju Depok
Depok-Jatinegara
menuju Jatinegara
Konstruksi dan fasilitas
Jumlah jalur 3
Jumlah peron 3 peron sisi
Indonesia New Road Sign Pro 3b.png Fasilitas parkir:
Tidak



Stasiun Angke (AK) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jl. Stasiun Angke, perbatasan antara kelurahan Jembatan Lima dan Angke, Tambora, Jakarta Barat. Stasiun ini berada di Daerah Operasi I Jakarta. Di antara Stasiun Angke & Stasiun Kampung Bandan direncanakan akan dibangun stasiun baru, yaitu Stasiun Bandengan.

Pada tanggal 17 Januari 2008, emplasemen Stasiun Angke ditertibkan dari 500 bangunan liar yang berada di sana, karena saat itu ada rencana menjadikan Stasiun Angke sebagai percabangan ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Saat ini stasiun ini digunakan untuk awal & akhir perjalanan kereta api Lokal Barat, seperti KA Langsam, KA Banten Ekspres dan KA Patas Merak. Sedangkan KRL Commuter Line berjalan langsung di stasiun ini, Namun kadang KRL berhenti tanpa membuka pintu kereta untuk menunggu Stasiun Kampung Bandan maupun Stasiun Duri yang peronnya sedang penuh dengan kereta. Untuk KA Kalimaya dan KA Rangkas Jaya awal & akhir perjalanannya tetap dari stasiun Tanah Abang.

Sejak telah dioperasikannya KRL Commuter Line relasi NamboDuri dan relasi Bogor/DepokDuri, stasiun ini menjadi tempat langsiran KRL menuju Stasiun Duri.

Mulai bulan Februari 2017, stasiun ini akan kembali diaktifkan untuk KRL dengan relasi Angke-Bogor, Angke-Depok dan Angke-Nambo, sedangkan kereta langsam relasinya berubah menjadi Rangkasbitung - Merak.

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Mulai 1 April 2017, KRL Commuter Line kembali berhenti di stasiun ini. Saat ini kereta api yang berhenti di stasiun ini adalah berikut ini.

Keterangan:

  • Mulai 1 April 2017, Stasiun Angke sudah tidak melayani lagi KA Lokal Merak dikarenakan KA Lokal Merak telah dipindahkan ke Rangkasbitung dan relasi sekarang Rangkasbitung-Merak
  • Mulai 1 April 2017, Stasiun Angke Diaktifkan sebagai Stasiun KRL Commuter Line

Angkutan umum[sunting | sunting sumber]

Stasiun sebelumnya:
Stasiun Kampung Bandan
Jalur kereta api Kampung Bandan-Duri Stasiun berikutnya:
Stasiun Duri

Koordinat: 6°08′39″LS 106°48′02″BT / 6,1442937°LS 106,8006706°BT / -6.1442937; 106.8006706