Sepur belok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Diagram sepur belok untuk dua jalur kereta api.

Sepur belok (bahasa Inggris: passing loop, passing siding) adalah bagian dari stasiun kereta api, terutama pada jalur tunggal, yang digunakan untuk persilangan atau papasan kereta api atau trem.[1] Kereta/trem yang memiliki arah perjalanan yang sama dapat saling bersusulan, dengan menggunakan persinyalan kereta api. Sepur belok memilki dua ujung yang tersambung dengan sepur lurus menggunakan wesel, atau hanya pada salah satu ujung sebagai sepur simpan.

Idealnya, untuk memastikan agar sudah memenuhi preipal, sepur belok harus lebih panjang daripada panjang rata-rata kereta apinya. Kereta api pertama yang datang harus berhenti atau berjalan pelan-pelan (jika jalur beloknya sangat panjang) di sepur belok, kemudian kereta api kedua melaju kencang di sepur lurus. Jika kereta api pertama terlalu panjang untuk petak tersebut, kereta api harus menunggu kereta api lawan berhenti di sepur belok. Secara umum, kereta api yang lebih pendek harus datang pertama terlebih dahulu. Jika dua-duanya terlalu panjang, operasi see-saw diperlukan untuk persilangan.[2]

Jika stasiun menggunakan peron, terutama peron tinggi untuk penumpang yang naik dan turun dari kereta api, peron dapat disediakan di kedua jalur, atau dapat juga hanya satu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:Railway Dictionary
  2. ^ ""double saw-by"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-20. Diakses tanggal 2020-10-30.