Radiapoh Hasiholan Sinaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Radiapoh Hasiholan Sinaga
Radiapoh hasiholan sinaga.jpg
Bupati Simalungun ke-16
Mulai menjabat
26 April 2021
PresidenJoko Widodo
GubernurEdy Rahmayadi
WakilZonny Waldi
PendahuluJR Saragih
Informasi pribadi
Lahir18 Juni 1968 (umur 53)
Bendera Indonesia Tiga Runggu, Purba, Simalungun,Sumatra Utara
Kebangsaan Indonesia
PasanganRatnawati br. Sidabutar
Anak4
Alma materUniversitas Batam
Pekerjaan

Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H. (lahir di Tiga Runggu, Purba, Simalungun,Sumatra Utara, 18 Juni 1968; umur 53 tahun) adalah seorang pengusaha yang saat ini menjabat sebagai Bupati Simalungun bersama wakilnya Zonny Waldi. Ia maju sebagai Cabup didukung 5 partai pendukung yaitu Partai Golongan Karya,Partai Berkarya, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Perindo dalam kontestan Pemilihan umum Bupati Simalungun 2020. Pada tanggal 27 April 2021, ia resmi dilantik bersama pasangannya Zonny Waldi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simalungun periode 2021-2024 oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Medan.[1]

Latar Belakang[2][sunting | sunting sumber]

Radiapoh merupakan anak dari keluarga petani pasangan St. Jahisar Sinaga (gelar Raja Angin) dan Almarhumah Korlina Br Saragih. RHS menempuh pendidikan di SD Negeri 01 Tigarunggu, SMP Negeri Tigarunggu dan Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) di Pamatang Raya dan lulus pada tahun 1988. Menyudahi pendidikan di SMTP Pematang Raya,  Radiapoh sempat bertani sambil mencari-cari pekerjaan. Dirinya sempat bekerja di peternakan ikan deras di Haranggaol milik Dr. Wimson F Purba, seorang pejabat kantor perwakilan PBB di Indonesia. Tidak berhenti di situ, Radiapoh muda juga sempat merantau ke Riau. Di provinsi ini pula, nasib malang masih dirasakan RHS yang hidup luntang-lantung, makan terancam dan tidur di gudang kosong atau emperan toko.

Radiapoh sempat bekerja dengan para perantau lainnya, membuka lahan perkebunan. Selama bekerja di hutan, RHS terserang penyakit Malaria Tropica akut, sehingga RHS hampir menyerah dengan kondisi tubuhnya yang melemah. Atas saran teman-temannya, Radiapoh pun terpaksa pulang kampung ke Tigarunggu. Selama di kampung ini RHS menjalani perawatan hingga pulih dari sakit yang dideritanya.

Pada tahun 1990, Radiapoh mengajukan lamaran ke perusahaan milik DL Sitorus, PT. Torgamba dan diterima di bagian koperasi simpan pinjam sekaligus sebagai pekerja di perusahan sawit tersebut. Peristiwa ini menjadi titik mula Radiapoh belajar mengenal bisnis. Sembilan tahun berselang, RHS berhenti berbisnis dan mendirikan usaha pertamanya, yaitu koperasi simpan pinjam kecil-kecilan di tempatnya yang baru, yakni Kota Tanjungpinang di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Bisnisnya berkembang ke perkebunan sampai properti.

Riwayat Pendidikan[3][sunting | sunting sumber]

  • SDN 01 Tigarunggu Simalungun (1976-1982)
  • SMPN Tigarunggu Simalungun (1982-1985)
  • Sekolah Menengah Teknologi (SMT) Negeri Pematang Raya (1985-1988)
  • S1 Universitas Batam (2013-2017)

Riwayat Pekerjaan[3][sunting | sunting sumber]

  • Komisaris Perseroan PT. Prima Karya Asih (2010-2016)
  • Komisaris Utama PT. Bayu Pariama Batam (2016-sekarang)
  • Bupati Simalungun periode 2021-Petahana

Riwayat Organisasi[3][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 2, editor (26 April 2021). "Hari Ini Gubsu Lantik Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Terpilih". redaksi@dnaberita.com. Diakses tanggal 19 Mei 2021. 
  2. ^ Magribi, Aliji (10 Desember 2020). "Profil Radiapoh Sinaga, Pengusaha Sukses Berharta Rp 11 Miliar, Hampir Menyerah karena Malaria". tribunnews.com. Diakses tanggal 19 mei 2021. 
  3. ^ a b c https://infopemilu2.kpu.go.id/file/dok/syarat_calon/SYARAT_CALON_CAKADA_2_0091140103_RADIAPOH_HASIHOLAN_SINAGA.pdf