Qodratul Ikhwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M. (lahir di Krui, Pesisir Barat, 7 Januari 1965; umur 54 tahun)[1] adalah Penjabat (Pjs.) Bupati Kabupaten Pesisir Barat Ke-2 (23 April 2015 - 17 Februari 2016). Nama Qudrotul Ikhwan di dalam berbagai pemberitaan sering ditulis sebagai Qodratul Ikhwan.

Drs.
Qudrotul Ikhwan
M.M.
Qudratul Ikhwan Official.jpg
Penjabat Bupati Kabupaten Pesisir Barat
Masa jabatan
23 April 2015 – 17 Februari 2016
PresidenJoko Widodo
GubernurMuhammad Ridho Ficardo
PendahuluKherlani (Penjabat Bupati)
PenggantiAgus Istiqlal
Informasi pribadi
Lahir7 Januari 1965 (umur 54)
Bendera Indonesia Krui, Kabupaten Pesisir Barat
Kebangsaan Indonesia
Alma materUniversitas Gadjah Mada
PekerjaanBirokrat

Qudrotul merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung. Qudrotul juga terlibat aktif menjadi Penggurus Daerah Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) Lampung yakni organisasi yang menghimpun seluruh alumni Universitas Gadjah Mada di Provinsi Lampung. Pada Tanggal 10 Mei 2016, Qudrotul ditunjuk sebagai Ketua Panitia Seminar Nasional KAGAMA Lampung yang membedah persoalan perlindungan hukum untuk para tenaga medis, terutama di Provinsi Lampung[2].

Suami dari Herlinawati ini merupakan putra daerah Pesisir Barat yang dianggap telah sukses dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pertama di Kabupaten Pesisir Barat. Pilkada yang dilangsungkan pada Tanggal 9 Desember 2015 dimenangkan oleh pasangan Agus Istiqlal - Erlina[3].

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Gadjah Mada

S2 Magister Manajemen Universitas Lampung

Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Perhatian Qudrotul terhadap dunia pendidikan pada masa kepemimpinannya di Kabupaten Pesisir Barat terlihat dengan adanya penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dengan Institut Teknologi Sumatera (Itera) tentang pemberian beasiswa pada mahasiswa dan pembangunan infrastruktur Itera dalam mendukung kemajuan di Provinsi Lampung. Hal ini dilakukan Qudrotul untuk meningkatkan akses pendidikan bagi siswa lulusan SMA sederajat di Kabupaten Pesisir Barat[4].

Sejak awal kepemimpinannya, Pjs. Bupati Qudrotul Ikhwan biasa berkeliling di sekolah di Kabupaten Pesisir Barat. Ia bahkan menyempatkan waktu satu jam hingga dua jam untuk berinteraksi langsung dengan pelajar dan bertindak sebagai pengajar[5]. Gebrakan Qudrotul yang terbilang unik ini dikenal dengan Program Bupati Mengajar[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]