Loka anjoroi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loka anjoroi
SajianJajanan pasar
Tempat asal Indonesia
DaerahSulawesi
Suhu penyajianSuhu ruangan
Bahan utamaPisang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Loka anjoroi adalah sajian tradisional yang berbahan baku pisang dan menjadi makanan khas Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Makanan ini biasanya dihidangkan pada jam 9- 10 pagi hari dan juga biasanya dihidangkan pada acara acara pertemuan kekeluargaan.[1] Loka Anjoroi menjadi makanan pokok bagi masyarakat Mandar dikarenakan sulitnya mendapatkan beras, sehingga mereka menggantinya dengan Pisang.[2] Loka Anjoroi bisa dihidangkan dengan langsung dimakan atau ditambahkan sambal untuk menambah cita rasa pedas atau ditambahkan ikan kering Toppa atau ikan seribu.[3]

Masyarakat Mandar mempercayai bahwa Loka Anjoroi bisa menyembuhkan penyakit maag.[4][5]

Loka Anjoroi memiliki beberapa penyebutan seperti di Sulawesi Barat menyebutnya dengan Loka Sattai, masyarakat Mamuju menamainya Loka Ro’do [3] Sedangkan apabila disajikan dengan kuah santan yang lebih banyak dan menyerupai bubur maka disebut Loka sari.

Proses pembuatan[sunting | sunting sumber]

Pisang yang biasa digunakan adalah pisang Kepok (Loka manurung), pisang kepok tua (Loka barangan) dan pisang Raja (Loka malambang). Pemilihan pisang ini dikarenakan sifatnya yang tidak mudah hancur ketika dimasak.[6] Cara membuat Loka Anjoroi dimulai dengan cara merebus pisang beserta kulitnya. Setelah empuk dan matang, barulah kulit pisang dikelupas. Setelah itu pisang direbus kembali beserta santan dan garam untuk menambahkan rasa.[4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rijal, Syamsu; Badollahi, Muh.; Anjarsari, Hilda (2019). POTENSI SEJARAH DAN BUDAYA MANDAR DALAM PERSPEKTIF PARIWISATA (PDF). Makassar: Politeknik Pariwisata Makassar. ISBN 978-602-51991-6-5. 
  2. ^ redaksi (2020-12-08). "Kuliner Khas Mandar – Loka Anjoroi, Praktis tapi Lezat". mandarnesia.com. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  3. ^ a b "Loka Sattai, Kuliner Khas Mandar". Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan. 2015-06-18. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  4. ^ a b Afrilian, Diah. "Loka Anjoroi, Menu Sarapan dari Sulawesi Barat yang Bisa Atasi Maag". detikcom. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  5. ^ Hakim, Eka (2017-01-03). Hida, Ramdania El, ed. "Loka Anjoroi, Makanan Khas Mandar Pengusir Sakit Lambung". Liputan6.com. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  6. ^ "Lokasari (Pisang Santan) Kue Tradisional Mandar yang Melegenda". Pesona Mandar - Website Promosi Pariwisata di Sulawesi Barat. Diakses tanggal 2022-08-17. 
Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai