Kue terang bulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kue Terang Bulan)
Terang bulan
Terang bulan yang berisi cokelat
Nama lainApam balik, apam pulau pinang, ban jian kuih (tâi-lô: bàn-tsian-kué), chin loong pau, kue bandung, kuih haji, kueh singapura, kuih malaya, martabak bangka, martabak manis, min chiang kueh, peanut pancake, terang bulan, 麥仔煎 / be̍h-á-chian.[1][2]
JenisPanekuk
Tempat asalFujian, Republik Rakyat Tiongkok[3][4]
DaerahAsia Timur dan Asia Tenggara
Masakan nasional terkaitBrunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, Tiongkok, Taiwan
Bahan utamaTepung terigu, air panas, bubuk pengembang, natrium bikarbonat, gula, telur, kacang, margarin, mentega
VariasiTerang bulan pizza
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Terang bulan (juga dikenal dengan berbagai nama lainnya) adalah kudapan sejenis panekuk yang biasa dijajakan di pinggir jalan di seluruh Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.[5]

Nama di berbagai daerah[sunting | sunting sumber]

Peta penamaan kue Terang Bulan di Indonesia, Malaysia dan Brunei. (Hijau) menyebutnya Terang Bulan, (Kuning) menyebutnya Apam Pinang, (Emas) menyebutnya Apam Balik, (Biru) menyebutnya Hok Lo Pan, (Merah) menyebutnya Martabak Manis, dan (Marun) menyebutnya Martabak Bangka.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan Martabak (atau Moortaba) yang berasal dari (dipengaruhi oleh budaya) India, awal muasal penamaan Martabak Manis ini berawal ketika di tahun 1950 seseorang bernama Hioe Kui Sem yang berasal dari daerah Jebus, Pulau Bangka merantau untuk mengadu nasib ke kota Bandung. Apabila pagi sampai sore mencoba berdagang apa saja, di sore harinya menjajakan kue-kue di depan rumah kontrakannya di Jalan Naripan, Bandung buatan istrinya (Tjo Sin Moy). Salah satunya adalah Hok Lo Pan,[8] dalam bahasa mandarin disebut Fu Lau Pan (福佬粄) yang bermakna kue orang Hoklo).[9] Ternyata kue ini cukup laris dan diterima baik oleh masyarakat kota Bandung pada waktu itu hingga selanjutnya ia fokus berjualan kue ini saja dengan memasaknya apabila ada yang datang membeli (Freshly cook). Ini berlanjut hingga ia menyewa lapak di Pasar Malam Jalan Cikapundung Barat di depan kantor PLN, dekat Alun-alun Bandung di sebelah lapak yang terlebih dahulu hadir dan laris, yaitu Martabak yang berasal dari India. Guna memudahkan pemasaran maka kedua pedagang ini bersepakat untuk menamai Martabak Asin dan yang lainnya Martabak Manis. Strategi ini semakin membuat kue ini semakin laris dan hingga kini penjual Martabak banyak yang menjual kedua versi tersebut jadinya. Kesuksesannya Tn. Hioe Kui Sem ini membuatnya mengajak saudara-saudara, kerabat dan teman-temannya di Pulau Bangka untuk merantau ke Jawa Barat untuk berjualan Martabak Manis ini ke kota-kota lain sekitarnya seperti Jakarta, Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi dan lain-lain. Kota pertama diluar Jawa Barat yang dibuka salah seorang temannya adalah Kota Semarang. Itulah sebabnya di Jawa Tengah, kue ini disebut Kue Bandung dimana asal-muasal kesuksesannya tersebut.

Di Jawa Timur dan Indonesia bagian Tengah dan Timur, orang menamakannya Kue Bulan atau Terang Bulan, karena bentuknya yang bulat seperti bulan dan juga karena biasanya dijual kala malam dimana bulan muncul. Oleh karena itu, penggemar kue terang bulan dari daerah tersebut merasa bingung mengapa kue ini dinamakan "martabak" karena sama sekali berbeda dengan penganan lain yang juga bernama Martabak. Namun bagi daerah yang terbiasa menamakannya Martabak Manis, maka penganan martabak terbagi dua menjadi Martabak Manis dan Martabak Asin.

Nama panganan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Di Kota Semarang, kue ini dikenal dengan sebutan Kue Bandung.[10] Hal ini disebabkan kue tersebut dibuat oleh orang Bangka yang menetap di Semarang, yaitu keluarga Cen, generasi ke-4 dari leluhur yang bernama Cen Khian Sam yang merupakan teman dari Hioe Kui Sem yang memulai dahulu berjualan dan meraup kesuksesan di Bandung. Keluarga Cen ini berjualan Martabak Manis di Jalan Gajah Mada.

Di Malaysia penganan ini dinamakan Apam Balik, Kek atau Martabak Terang Bulan, Martabak Bangka, Kek Pinang, Kek Bandung, atau Martabak Jepun. Di Pontianak makanan ini dinamakan Apam Pinang.

Di Indonesia, kue Terang Bulan mulai mengalami revolusi di pertengahan tahun 2011 dengan munculnya variasi jenis Martabak Pizza. Martabak Pizza adalah modifikasi dari Martabak konvensional yang umumnya disajikan dengan cara dilipat. Martabak Pizza disajikan dengan tidak dilipat, sehingga topingnya terlihat lebih menonjol dan menarik.[11]

Adonan[sunting | sunting sumber]

Adonan kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air, dan ragi yang dipanggang di atas penggorengan besi tebal khusus hingga adonan kue menjadi matang dan bersarang. Sebagai pengisi biasanya diberikan taburan gula butir, coklat butir (meses, muisjes), dengan biji wijen dan kacang tanah yang dicacah, atau parutan keju, yang disiram susu kental manis, dan diolesi mentega dan margarin.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 令人懷念的古早味!台南超人氣麥仔煎 鋪滿餡料軟Q餅皮太涮嘴, Ettoday. Akses: 18 Juli 2023.
  2. ^ 一樣美食,有多少個名字?來說麥仔煎的故事, opinion.cw.com.tw. Akses: 18 Juli 2023.
  3. ^ "傳統小吃滿煎糕的由來" (dalam bahasa Tionghoa). renminbao.info. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 December 2014. Diakses tanggal 17 April 2021. 
  4. ^ "每日一識-板煎嗲 @ 午間食客 C'est Qiutian :: 痞客邦 ::". 20 December 2013. 
  5. ^ Malaysia, Singapore & BruneiPerlu mendaftar (gratis). Lonely Planet. 2010. hlm. 119–. ISBN 978-1-74104-887-2. Diakses tanggal 18 August 2013. 
  6. ^ a b c d "r/MapPorn - Map of Nusantara divided by how they call a pancake-like street snack" (dalam bahasa Inggris). Reddit. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  7. ^ Arfian, Fahreza. "Evolusi Martabak, Terang Bulan, dan Hok Lo Pan". Kumparan. Jakarta. Diakses tanggal 2021-09-01. 
  8. ^ "Evolusi Martabak, Terang Bulan, dan Hok Lo Pan". kumparan. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  9. ^ Lukmana, Danang (2022-01-19). "Kenapa Martabak Manis Disebut Terang Bulan?". Nibble. Diakses tanggal 2022-12-22. 
  10. ^ "Asal-Usul Kenapa Martabak Manis Bisa Disebut Kue Bandung dan Terang Bulan". Grid. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  11. ^ Rahmawati, Andi Annisa Dwi. "Martabak Pizza, Tampilan Baru Martabak Manis dengan Ragam Topping". detikcom. Diakses tanggal 2019-01-25.