Ayam Gagape

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ayam gagape adalah makanan khas yang berasal dari daerah Bantaeng, Sulawesi Selatan. Sajian makanan ini menyerupai opor ayam karena menggunakan daging ayam sebagai komponen utama namun ayam gagape disajikan dengan bumbu yang lebih kental dan pekat.[1]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Makanan ayam gagape berasal dari zaman kerajaan Bantaeng. Pada zaman kerajaan makanan gagape termasuk makanan yang paling mahal karena hanya bisa di nikmati dan di sajikan kepada para bangsawan saja.[2] Makanan ini sekarang disajikan dan dapat ditemui di saat hari-hari besar keagamaan seperti ari Raya Idul Fitri dan hari Raya Idul Adha. Selain hari-hari besar, makanan ini juga dapat ditemukan pada upacara pernikahan adat Bugis-Makassar.

Penyajian[sunting | sunting sumber]

Secara umum, tampilan dari ayam gagape mirip dengan opor ayam. Namun, yang membedakan adalah rasa kuah ayam gagape yang lebih gurih. Hal ini karena dalam kuah ayam gagape ditambahkan dengan kelapa parut sangrai sehingga rasa yang dihasilkan pun lebih  gurih.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saiputra, Rizky Phyar. "Ayam Gagape, Menu Lebaran orang Makassar". www.goodnewsfromindonesia.id. Diakses tanggal 2024-02-06. 
  2. ^ "Gagape » Budaya Indonesia". budaya-indonesia.org. Diakses tanggal 2024-02-21.