Sie reubôh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sie reuboh)

Sie reubôh adalah salah satu masakan yang berasal dari Aceh yang tergolong berbeda dari sebagian besar masakan lain. Sie reubôh dibuat dari rebusan daging sapi atau kerbau yang hanya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah dan merica;[1] berbeda dari makanan khas dari Aceh lain yang berbumbu kuat dan mengandung banyak rempah-rempah. Semua bumbu tersebut dihaluskan lalu dimasukkan ke dalam rebusan daging. Sembari daging direbus dilakukan penambahan cuka enau ke dalam masakan.[2] Pemberian cuka ini dilakukan secara bertahap sambil masakan diaduk-aduk perlahan sehingga semua bumbu meresap ke dalam daging.

Kenikmatan masakan ini tergantung pada bahan baku daging yang digunakan. Pemilihan daging sapi yang bagus sangat disarankan, adapun daging sapi digunakan biasanya adalah daging has dalam atau has luar.[2] Daging bagian ini lebih empuk sehingga memudahkan proses memasaknya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'Sie Reuboh' Mitigasi Bencana - Serambi Indonesia". Tribunnews.com. Diakses tanggal 18 Maret 2016. Sie reuboh adalah daging yang direbus serta dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah dan merica. Semua bumbu ini dicampur dan dihaluskan lalu dimasukkan ke dalam wajan rebusan daging sampai merata. 
  2. ^ a b Winarno, Bondan (21 Februari 2011). "Resep Daging: Sie Reboh alias Daging Rebus". detikcom. Diakses tanggal 19 Maret 2016.