Cumi Teutumeh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cumi Teutumeh adalah masakan khas dengan bahan dasar cumi yang berasal dari provinsi Aceh.[1] Masakan cumi teutumeh mirip dengan sajian opor atau gulai karena kuahnya yang berwarna kuning atau orange kecoklatan, sehingga biasa ada juga yang menyebut masakan ini sebagai Opor cumi khas Aceh.[2]

Masakan cumi teutumeh mempunyai cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Selain itu, cara memasak hanya membutuhkan waktu yang singkat dan sederhana.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cumi teutumeh terdiri dari cumi-cumi, jeruk nipis, santan, asam sunti, belimbing sayur, cabai rawit merah dan hijau serta minyak goreng. Selain itu, bumbu halus untuk pembuatan cumi teutumeh meliputi bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, jahe, merica dan garam.[3]

Rasa[sunting | sunting sumber]

Cumi teutumeh memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mediatama, Grahanusa (2022-09-21). "Resep Cumi Teutumeh, Masakan Laut Khas Aceh yang Mirip Opor". kontan.co.id. Diakses tanggal 2024-01-16. 
  2. ^ "Cumi Teutumeh - Aceh - Nanggroe Aceh Darussalam » Budaya Indonesia". budaya-indonesia.org. Diakses tanggal 2024-02-29. 
  3. ^ Gardjito, & Amaliah, Murdijati (2022). Resep Rahasia Turun Temurun Sumatera, Jawa & Sulawesi. Yogyakarta: Great! Publisher. hlm. 14. ISBN 978-602-8696-64-7.