Apam barenda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Apam Barenda khas Barabai
Apam Barenda khas Barabai

Apam barenda adalah camilan khas dari Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang telah menjadi favorit masyarakat setempat dan para pengguna jalan umum.[1] Camilan ini, sering kali dijuluki sebagai kue basah tradisional, memiliki cita rasa unik yang membuatnya diminati dan diincar oleh banyak orang. Selain menjadi camilan khas Kota Barabai, Apam Barenda juga memiliki variasi yang khas di daerah Samarinda, Kalimantan Timur. Dalam tradisi kuliner Samarinda, camilan ini biasanya dihidangkan pada acara-acara istimewa seperti aqiqah atau pesta pernikahan.[2]

Komposisi dan Cara Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Camilan ini dibuat dengan bahan-bahan seperti tepung beras atau tepung ketan, kelapa parut, gula merah, dan mungkin juga bahan-bahan lain yang memberikan rasa spesifik pada kue ini. Apam Berenda terbuat dari campuran tepung beras yang diencerkan dengan santan, serta ditambahkan ragi sebagai pengembangnya. Proses pembuatannya melibatkan cetakan khusus berbentuk bulat, memberikan karakteristik unik pada kue ini.

Popularitas[sunting | sunting sumber]

Apam Barenda populer di kalangan pengendara yang melewati wilayah Kota Barabai, baik sebagai camilan langsung maupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Kelezatan rasanya dan harga yang terjangkau membuat kue ini diminati oleh banyak orang, terutama oleh pengendara yang sering melintas di daerah tersebut.

Variasi Penyajian[sunting | sunting sumber]

Meskipun informasi tentang variasi penyajian kue ini masih terbatas, beberapa informan mengatakan bahwa kue ini paling nikmat dinikmati di pagi hari bersama dengan secangkir teh hangat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kuliner Kalsel - Apam Barenda, Camilan Khas Kota Barabai HST, Nyaman di Lidah Aman di Kantong". Banjarmasinpost.co.id. Diakses tanggal 2023-11-17. 
  2. ^ "Apam Berenda, Camilan Gurih Manis dari Samarinda". suara.com. Diakses tanggal 2023-11-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]