Kereta api Kaligangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kereta api Kaligangsa
Ikhtisar
Jeniskomuter antarkota
SistemKereta api Tambahan Lebaran
StatusTidak Beroperasi
LokasiDaerah Operasi IV Semarang
TerminusTegal
Tanjung Priok
Layanan1
Operasi
Dibuka05 Agustus 2012
DitutupSetelah Selesai Angkutan Lebaran Tahun 2012
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorDaerah Operasi IV Semarang
DepoSemarang Poncol (SMC), Tegal (TG)
RangkaianKRDE AC, Set
Data teknis
Panjang lintas310 km
Lebar sepur1.067 mm
Elektrifikasibekas KRL BN Holec
Kecepatan operasi50 s.d. 100 km/jam
Jumlah rute7139-7140

Kereta api Kaligangsa merupakan Kereta api penumpang komuter jarak jauh Kelas Ekonomi AC yang pernah dioperasikan oleh PT Kereta api Indonesia (Persero) dengan melayani relasi Tanjung Priok-Tegal di lintas Utara Jawa.

Pengoperasian dan Akhir Pengoperasian[sunting | sunting sumber]

Kereta api Kaligangsa diresmikan pada Tanggal 05 Agustus 2012 menjelang lebaran 2012 di Stasiun Tegal. Setelah Selesai Angkutan Lebaran Tahun 2012 Kereta api Kaligangsa sudah tidak beroperasi lagi sebagai Penggantinya KA Tegal Ekspres yang Melayani Rute Pasar Senen-Tegal. Namun rangkaian Kereta api Kaligangsa akan dimutasi ke Medan (MDN) sebagai Sarana Kereta Bandara Kualanamu.

Asal Usul[sunting | sunting sumber]

Nama Kaligangsa berasal dari nama sebuah sungai di bagian barat Kota Tegal, yakni Sungai Kaligangsa. Sungai ini menjadi batas alamiah antara Kota Tegal dengan Kabupaten Brebes. Kaligangsa juga menjadi nama sebuah kelurahan di Kota Tegal, yakni Kelurahan Kaligangsa di Kecamatan Margadana.

Rangkaian KRDE[sunting | sunting sumber]

Rangkaian Kereta api Kaligangsa ini menggunakan bekas dari KRL BN Holec yang sudah dimodifikasi menjadi KRDE di INKA Madiun, yang digabungkan menjadi satu rangkaian yang berjumlah 10 kereta (1 set=5 kereta). Setelah lebaran 2012, rangkaian kereta api ini dibawa ke Sumatera Utara untuk dijadikan rangkaian sementara Kereta api ARS Kuala Namu Medan-Bandar Udara Internasional Kuala Namu. Setelah rangkaian KRDE baru yang lebih canggih datang dari Korea Selatan, Kedua rangkaian KRDE AC ini dipulangkan ke pulau Jawa dan dijadikan Kereta api Sriwedari Solo-Yogyakarta pp.


Referensi[sunting | sunting sumber]