Kereta Api Indonesia Access

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta Api Indonesia Access
Tangkapan layar dari KAI Access
Tangkapan layar dari KAI Access.
PengembangPT Kereta Api Indonesia
TipePemesanan tiket kereta api
Tanggal diluncurkan4 September 2014
Platform
StatusAktif
Situs webkai.id


Kereta Api Indonesia Access (KAI Access) adalah aplikasi pemesanan tiket kereta api yang dikembangkan dan diterbitkan oleh PT Kereta Api Indonesia sejak 2014. KAI Access adalah aplikasi yang resmi dari PT KAI, dan dirilis untuk memenuhi kebutuhan penumpang baik kereta api jarak jauh, menengah, maupun lokal/komuter. Diluncurkan pada tanggal 4 September 2014, KAI Access mulanya hanya menawarkan fitur pemesanan tiket kereta api baik jarak jauh maupun menengah, namun saat ini KAI Access sudah merambah ke pemesanan tiket kereta api lokal serta pembatalan dan pengubahan keberangkatan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pemesanan tiket di KAI Access sendiri dapat dilakukan sama seperti pemesanan tiket konvensional melalui loket yaitu 90 hari sebelum keberangkatan; banyak orang memanfaatkan fitur pemesanan H−90 ini terutama menjelang musim mudik Lebaran.[1] Sayangnya, fitur ini dihapuskan karena terjadinya pengambilalihan sistem dari pihak ketiga kepada unit IT PT KAI selaku pengembang utama sehingga pemesanan tiket KAI saat ini hanya bisa dilakukan hingga H−30 saja.[2]

Menu utama KAI Access adalah Intercity Train, Local Train, Airport Train, dan Food on Train. Fitur-fitur lainnya yang juga mendukung fitur-fitur utama ini adalah pembatalan dan pengubahan keberangkatan[3] serta boarding pass elektronik yang hanya dapat diunduh dua jam sebelum keberangkatan KA.[4] Di samping kereta api jarak jauh dan menengah, pemesanan tiket KA lokal kini hanya dapat dilayani di KAI Access sejak 1 September 2019.[5]

Sejarah dan riwayat rilis[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ramadhanny, Fitraya. "6 Tips Jitu Beli Tiket Kereta Api Mudik H-90". detikTravel. Diakses tanggal 2019-10-15. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber. "Perubahan Sistem, Calon Penumpang Hanya Bisa Pesan Tiket Kereta Maksimal H-30". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-10-15. 
  3. ^ "Layanan Baru KAI Access pada Tahun Inovasi KAI". www.kai.id. Diakses tanggal 2019-10-15. 
  4. ^ Media, Kompas Cyber. "Sekarang Naik Kereta Api Bisa "Check In" Melalui E-Boarding Pass". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-10-15. 
  5. ^ Liputan6.com (2019-08-23). "Mulai 1 September, Pesan Tiket KA Lokal Kini Lewat KAI Access". liputan6.com. Diakses tanggal 2019-10-15.