Kereta api Rangkas Jaya: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 36: Baris 36:
}}
}}


Kereta api Rangkas Jaya adalah Kereta api kelas ekonomi yang melayani rute [[Stasiun Rangkasbitung|Rangkasbitung]] - [[Stasiun Tanah Abang|Tanah Abang]]. Kereta ini merupakan salah satu kereta api penglaju paling diminati karena banyaknya orang yang bekerja di Jakarta meskipun selalu penuh dan kurang aman, para penumpang tetap memilih kereta api ini karena paling cepat di antara transportasi yang lain, juga ini adalah satu-satunya kereta ekspres untuk lintas Jakarta - Rangkasbitung, karena selain kereta ini hanya ada kereta ekonomi lokal. Seiring pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang terus meningkat, keamanan dan kenyamanan penumpang terus ditingkatkan, khususnya dengan keberadaan AC. Sejak peluncurannya kereta ini sudah menyediakan layanan restorasi atau penjualan makanan dan minuman, yang bisa dipesan dari Prama/Prami maupun di kereta makan.
Kereta api Rangkas Jaya adalah Kereta api kelas ekonomi yang melayani rute [[Stasiun Rangkasbitung|Rangkasbitung]] - [[Stasiun Tanah Abang|Tanah Abang]].
Kereta ini merupakan salah satu kereta api penglaju paling diminati karena banyaknya orang yang bekerja di Jakarta meskipun selalu penuh dan kurang aman, para penumpang tetap memilih kereta api ini karena paling cepat di antara transportasi yang lain, juga ini adalah satu-satunya kereta ekspres untuk lintas Jakarta - Rangkasbitung, karena selain kereta ini hanya ada kereta ekonomi lokal. Seiring pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang terus meningkat, keamanan dan kenyamanan penumpang terus ditingkatkan, khususnya dengan keberadaan AC. Sejak peluncurannya kereta ini sudah menyediakan layanan restorasi atau penjualan makanan dan minuman, yang bisa dipesan dari Prama/Prami maupun di kereta makan.


Kereta api ini biasanya menggunakan lokomotif [[CC201]] atau [[CC203]] dan jarang-jarang menggunakan lokomotif [[CC206]] dari dipo lokomotif Jatinegara/Tanah Abang maupun dipo lainnya, dan sekarang KA Rangkas Jaya sudah menggunakan rangkaian ekonomi AC split.
Kereta api ini biasanya menggunakan lokomotif [[CC201]] atau [[CC203]] dan jarang-jarang menggunakan lokomotif [[CC206]] dari dipo lokomotif Jatinegara/Tanah Abang maupun dipo lainnya, dan sekarang KA Rangkas Jaya sudah menggunakan rangkaian ekonomi AC split.

Revisi per 1 Agustus 2015 02.36

Kereta api Rangkas Jaya
Berkas:KA RANGKAS JAYA.png
Berkas:Images Rangkas Jaya train.jpg
Kereta api Rangkas Jaya di stasiun Tanah Abang.
Ikhtisar
JenisEkonomi AC
SistemKereta api Ekspres
StatusBeroperasi
LokasiDaop 1 Jakarta
TerminusStasiun Tanah Abang
Stasiun Rangkasbitung
Stasiun3
Layanan2 (Tanah Abang-Rangkasbitung dan Rangkasbitung-Tanah Abang)
Operasi
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorDaerah Operasi I Jakarta
DepoRangkasbitung (RK), Untuk Rangkaian Kereta
Tanahabang (THB) & Jatinegara (JNG), Untuk Lokomotif
RangkaianCC201, CC203, CC206
Data teknis
Kecepatan operasi45km s/d 100km/jam
Jumlah rute335-338

Kereta api Rangkas Jaya adalah Kereta api kelas ekonomi yang melayani rute Rangkasbitung - Tanah Abang. Kereta ini merupakan salah satu kereta api penglaju paling diminati karena banyaknya orang yang bekerja di Jakarta meskipun selalu penuh dan kurang aman, para penumpang tetap memilih kereta api ini karena paling cepat di antara transportasi yang lain, juga ini adalah satu-satunya kereta ekspres untuk lintas Jakarta - Rangkasbitung, karena selain kereta ini hanya ada kereta ekonomi lokal. Seiring pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang terus meningkat, keamanan dan kenyamanan penumpang terus ditingkatkan, khususnya dengan keberadaan AC. Sejak peluncurannya kereta ini sudah menyediakan layanan restorasi atau penjualan makanan dan minuman, yang bisa dipesan dari Prama/Prami maupun di kereta makan.

Kereta api ini biasanya menggunakan lokomotif CC201 atau CC203 dan jarang-jarang menggunakan lokomotif CC206 dari dipo lokomotif Jatinegara/Tanah Abang maupun dipo lainnya, dan sekarang KA Rangkas Jaya sudah menggunakan rangkaian ekonomi AC split.

KA Rangkas Jaya menggunakan sistem tempat duduk 100%, dimana tiket hanya dijual sejumlah tempat duduk yang tersedia.

Formasi KA Rangkas Jaya pada umumnya adalah Lokomotif CC201/CC203/CC206 - 7/8 K3 AC Split - 1 KMP3 AC - 1 B (aling-aling)

Harga Tiket: Rp.15.000,- untuk sekali jalan. Dulunya, KA Rangkas Jaya memiliki tarif yang murah yaitu Rp.4.000,-, sampai saat kereta ini tidak lagi disubsidi dan mulai menggunakan AC, maka tarif tiket kereta ini pun naik.

Jadwal Pemberangkatan Kereta

No. KA Rangkasbitung (ber) Tanahabang (dat) No. KA Tanahabang (ber) Rangkasbitung (dat)
335 06.10 07.47 336 08.10 09.47
337 10.15 12.16 338 17.00 18.36

Pemberhentian Kereta

Dulu KA Rangkas Jaya berhenti di Kebayoran, Serpong, dan Parungpanjang, sampai subsidi KA ini dihentikan dan sistem tempat duduk 100% diterapkan.

Galeri Kereta Api

Pranara Luar