Stasiun Tigagajah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Tigagajah
Logo PT KAI (Persero) (New version 2016).svg
PapanNamaStasiun TJH.png
  • Singkatan: TJH
  • Nomor: 6512
  • Kode panggil: GAJAH
AlamatBaturaja Lama, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu
Sumatra Selatan 32114
Ketinggian+39 m
Letakkm 229+978 lintas PanjangTanjungkarangPrabumulih[1]
OperatorDivisi Regional IV Tanjungkarang
Konstruksi
Jumlah jalur4
  • jalur 2: sepur lurus jalur ganda dari arah Tanjungkarang–Baturaja dan sepur lurus jalur tunggal arah Prabumulih–Kertapati
  • jalur 3: sepur lurus jalur ganda arah Baturaja–Tanjungkarang
Informasi lain
Kelas stasiunI[2]
Layanan
Angkutan ketel/BBM serta kereta api Semen Baturaja
SARS-CoV-2 illustration (10).jpgPeringatan COVID-19: Tidak semua kereta api yang disebutkan di sini dijalankan pada masa-masa normal baru. Calon penumpang dimohon memeriksa daftar kereta api yang dijalankan di KAI Access atau kanal eksternal lain sebelum keberangkatan. Calon penumpang diharapkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat menggunakan kereta api. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pandemi COVID-19 di Indonesia#Perkeretaapian.

Stasiun Tigagajah (TJH) adalah stasiun kereta api barang kelas I yang terletak di Baturaja Lama, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu. Stasiun yang terletak pada ketinggian +39 meter ini termasuk dalam Divisi Regional IV Tanjungkarang.

Stasiun ini memiliki empat jalur kereta api. Jalur 2 merupakan sepur lurus jalur tunggal arah Prabumulih–Kertapati sekaligus sepur lurus jalur ganda dari arah Tanjungkarang–Baturaja, sedangkan jalur 3 merupakan sepur lurus jalur ganda arah Baturaja–Tanjungkarang. Persinyalan di stasiun ini juga sudah elektrik.[3]

Sebagai stasiun barang, sejumlah perjalanan kereta api barang mengawali dan mengakhiri perjalanannya di stasiun ini, seperti kereta api ketel relasi Kertapati–Tigagajah pp[4], kereta api angkutan semen dan klinker Semen Baturaja relasi Kertapati–Tigagajah pp serta Tigagajah–Tegineneng–Pidada pp.[5][6] Meski semua kereta api penumpang yang mengarah ke Kertapati berhenti di stasiun ini, stasiun ini tidak melayani naik-turun penumpang, tetapi hanya "berhenti grafik" di stasiun ini selama kurang lebih 2 menit berdasarkan Gapeka 2019. Hal ini harus dilakukan karena stasiun ini merupakan peralihan dari jalur ganda menuju jalur tunggal, sehingga agar meyakinkan bahwa petak jalur di depannya aman dari kereta api lain, kereta diberhentikan sejenak hingga jalur di depannya aman. Sedangkan dari arah sebaliknya semua kereta api penumpang berjalan langsung, mengingat pergantian seluruh awak kereta api baik masinis, kondektur, dan polsuska kini hanya dilakukan di Stasiun Baturaja.

Di sebelah selatan stasiun ini terdapat percabangan menuju Pabrik Semen Baturaja yang berawal dari jalur 4, sementara ke arah utara terdapat percabangan menuju depot minyak Pertamina.

Layanan kereta api[sunting | sunting sumber]

Barang[sunting | sunting sumber]

Persilangan, papasan, dan persusulan[7][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero). 
  2. ^ Buku Informasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2014 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Indonesia. 
  3. ^ "Empat Kontrak dengan Nilai Rp. 140 Milyar Ditandatangani dalam Satu Minggu | PT Len Industri (Persero)". www.len.co.id. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  4. ^ Sudarsih, Amad (2014). "Sepur Ketel BBM Jawa-Sumatera". Majalah KA. 98: 5–6. 
  5. ^ Liputan6.com (2016-03-30). "KA Logistik Angkut 800 Ton Semen Baturaja". liputan6.com. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  6. ^ "Semen Baturaja target penjualan 2 juta ton senilai Rp 1,8 triliun". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-24. 
  7. ^ Anonim (2019). Buku Daftar Waktu Gapeka 2019 Divre IV Tanjung Karang. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan PT Kereta Api Indonesia (Persero). 
Stasiun sebelumnya DJKA Kemenhub Lintas Kereta Api Indonesia Stasiun berikutnya
Lubuk Batang
ke arah Prabumulih
Prabumulih–Panjang Baturaja
ke arah Panjang

Koordinat: 4°06′39″S 104°10′07″E / 4.110711°S 104.168680°E / -4.110711; 104.168680