Pertamina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PT Pertamina (Persero)
Sebelumnya
  • PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional (1968-1971)
  • Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (1971-2003)
Perusahaan perseroan (Persero)
Perusahaan negara/Perusahaan umum antara 1968 hingga 2003
IndustriMinyak dan gas bumi
Didirikan05 Oktober 1957 (umur 65)[1]
Kantor
pusat
Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta
,
Tokoh
kunci
Basuki Tjahaja Purnama (Komisaris Utama)
Nicke Widyawati (Direktur Utama)
ProdukBahan bakar, Pelumas, Petrokimia
MerekPERTAMINA
PendapatanUS$ 71,1 miliar (2013)[2]
US$ 3,0 miliar (2013)
Total asetUS$ 49,3 miliar (2013)
PemilikPemerintah Indonesia
Anak
usaha
Lihat daftar
Situs webpertamina.com

PT Pertamina (Persero) (aslinya merupakan akronim dari Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia[3]

Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.[4]

Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968. Direktur utama (Dirut) yang menjabat dari 2009 hingga 2014 adalah Karen Agustiawan yang dilantik oleh Menneg BUMN Sofyan Djalil pada 5 Februari 2009 menggantikan Dirut yang lama Ari Hernanto Soemarno. Pelantikan Karen Agustiawan ini mencatat sejarah penting karena ia menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki posisi puncak di perusahaan BUMN terbesar milik Indonesia itu. Karen Agustiawan mengundurkan diri sebagai Dirut pada 1 Oktober 2014 dan menjadi dosen guru besar di Harvard University, Boston, Amerika Serikat. Selanjutnya pada 28 November 2014, Presiden Joko Widodo memilih Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Ia menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri.[5]

Kegiatan Pertamina dalam menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia, terbagi ke dalam sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan.

Selain itu sebagai wujud kontribusi PT Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. PT Pertamina (Persero) mendirikan Universitas Pertamina dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Daftar Direktorat Pertamina (Persero)[sunting | sunting sumber]

Pertamina (Persero) terdiri atas beberapa direktorat, diantaranya adalah:

  • Direktorat Strategi, Portofolio, & Pengembangan Usaha
  • Direktorat Keuangan
  • Direktorat SDM
  • Direktorat Logistik dan Infrastruktur
  • Direktorat Penunjang Bisnis

Direktur Utama Pertamina[sunting | sunting sumber]

Direktorat Hulu[sunting | sunting sumber]

Kegiatan usaha Pertamina Hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas, dan panas bumi. Untuk kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas dilakukan di beberapa wilayah Indonesia maupun di luar negeri. Pengusahaan di dalam negeri dikerjakan oleh Pertamina Hulu dan melalui kerjasama dengan mitra sedangkan untuk pengusahaan di luar negeri dilakukan melalui aliansi strategis bersama dengan mitra. Berbeda dengan kegiatan usaha di bidang minyak dan gas bumi, kegiatan eksplorasi dan produksi panas bumi masih dilakukan di dalam negeri. Untuk mendukung kegiatan intinya, Pertamina Hulu juga memiliki usaha di bidang pengeboran minyak dan gas.

PT Pertamina EP[sunting | sunting sumber]

Sebagai tindak lanjut dari UU Migas No. 22 tahun 2001, pada tanggal 13 September 2005 dibentuk PT Pertamina EP yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero)[1] yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas untuk mengelola Wilayah Kuasa Pertambangan (WKP) Pertamina kecuali untuk Blok Cepu dan Blok Randu Gunting.

Kegiatan eksplorasi ditujukan untuk mendapatkan penemuan cadangan migas baru sebagai pengganti hidrokarbon yang telah diproduksikan. Upaya ini dilakukan untuk menjaga agar kesinambungan produksi migas dapat terus dipertahankan.

Perusahaan patungan[sunting | sunting sumber]

Aktivitas eksplorasi dan produksi dilakukan melalui operasi sendiri dan konsep kemitraan dengan pihak ketiga. Pola kemitraan dalam bidang minyak dan gas berupa JOB-EOR (Joint Operating Body for Enhanced Oil Recovery), JOB-PSC (Joint Operating Body for Production Sharing Contract), TAC (Technical Assistance Contract), BOB (Badan Operasi Bersama), penyertaan berupa IP (Indonesian Participation) dan PPI (Pertamina Participating Interest), serta proyek pinjaman; sedangkan pengusahaan panasbumi berbentuk JOC (Joint Operating Contract).

Sampai akhir tahun 2004 jumlah kontrak pengusahaan migas bersama dengan mitra sebanyak 92 kontrak yang terdiri dari 6 JOB-ER, 15 JOB-PSC, 44 TAC, 27 IP/PPI (termasuk BOB-CPP) dan 5 proyek loan. Sedangkan untuk bidang panas bumi terdapat 8 JOC.

Saat ini DOH yang dulu digabung menjadi 3 region, yaitu Region Sumatra berusat di Prabumulih: Region Jawa di Cirebon dan Region KTI (Kawasan Timur Indonesia) dengan pusatnya di Balikpapan.

Panas bumi[sunting | sunting sumber]

Pengusahaan bidang panas bumi dilakukan di 3 (tiga) area panas bumi dengan total kapasitas terpasang sebesar 162 MW. Ketiga Area Panas Bumi tersebut adalah Area Sibayak (2 MW) di Sumatra Utara, Kamojang (140 MW) di Jawa Barat dan Lahendong (20 MW) di Sulawesi Utara.

Pengembangan usaha[sunting | sunting sumber]

Dalam hal pengembangan usaha, Pertamina telah mulai mengembangkan usahanya baik di dalam dan luar negeri melalui aliansi strategis dengan mitra. Pertamina juga memiliki usaha yang prospektif di bidang jasa pemboran minyak dan gas melalui Pertamina Drilling (PDSI) yang memiliki 42 unit rig pemboran darat serta anak perusahaan PT Usayana yang memiliki 7 rig pemboran darat. Dalam kegiatan transmisi gas, Pertamina memiliki jaringan pipa gas dengan panjang total 3800 km dan 64 stasiun kompresor.

Pertamina Hilir[sunting | sunting sumber]

Stasiun pengisian bahan bakar Pertamina

Kegiatan usaha Pertamina Hilir meliputi pengolahan, pemasaran & niaga dan perkapalan serta distribusi produk Hilir baik di dalam maupun keluar negeri yang berasal dari kilang Pertamina maupun impor yang didukung oleh sarana transportasi darat dan laut. Usaha hilir merupakan integrasi Usaha Pengolahan, Usaha Pemasaran, Usaha Niaga, dan Usaha Perkapalan.

Pengolahan[sunting | sunting sumber]

Kilang minyak[sunting | sunting sumber]

Bidang Pengolahan mempunyai 7 unit kilang dengan kapasitas total 1.041,20 ribu barrel. Beberapa kilang minyak terintegrasi dengan kilang Petrokimia dan memproduksi NBBM.

Ketujuh Kilang minyak tersebut terdiri dari :

Kilang LNG[sunting | sunting sumber]

Disamping kilang minyak, Pertamina Hilir mempunyai kilang LNG di Arun, Aceh dan di Bontang, Kalimantan Timur. Kilang LNG Arun dengan 6 train dan LNG Badak di Bontang dengan 8 train. Kapasitas LNG Arun sebesar 12,5 Juta Ton sedangkan LNG Badak 22,5 Juta Ton per tahun.

Beberapa kilang tersebut juga menghasilkan LPG, seperti di Pangkalan Brandan, Dumai, Plaju, Cilacap, Balikpapan, Balongan, Donggi, Senoro dan Mundu.

Kilang Cilacap adalah satu-satunya penghasil lube base oil dengan grade HVI- 60, HVI — 95, HVI -160 S dan HVI — 650. Produksi lube base ini disalurkan ke Lube Oil Blending Plant (LOBP) untuk diproduksi menjadi produk pelumas dan kelebihannya diekspor.

Produk[sunting | sunting sumber]

  • Bahan Bakar Minyak:
  • Non-minyak : Minarex, HVI 90, HVI 160, Lube Base, Green Coke, Aspal
  • Gas : BBG, Vigas, LPG, CNG, Musicool
  • Pelumas:
  • Fastron adalah minyak lumas mesin kendaraan dengan bahan dasar semi synthetic
  • Prima XP SAE 20W-50 adalah pelumas produksi Pertamina untuk mesin bensin
  • Mesran Super SAE 20W-50 adalah pelumas mesin bensin
  • Mesrania 2T Super-X adalah pelumas mesin bensin dua langkah yang berpendingin air seperti mesin tempel atau speed boat. Pelumas ini diproduksi oleh Pertamina. Juga cocok untuk penggunaan pada motor tempel yang lebih kecil dan mesin ketam, mesin gergaji, bajaj dan bemo.
  • 2T Enviro merupakan pelumas kendaraan 2 Tak dengan bahan bakar bensin juga pelumas semi sintetis yang dibuat dari bahan dasar pelumas mineral ditambah bahan dasar pelumas sintetis Poly Isobutylene. Direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan 2 Tak berbahan bakar bensin dengan pendingin udara. Kendaraan-kendaran 2 Tak buatan Jepang seperti Kawasaki, Yamaha, Suzuki, Honda dan Vespa, dapat juga digunakan untuk mesin gergaji (chain saw) dan mesin potong rumput.
  • Enduro 4T
  • Meditran
  • Rored
  • Petrokimia: Pure Teraphithalic Acid (PTA), Paraxyline, Benzene, Propyline, Sulfur

Anak perusahaan[sunting | sunting sumber]

Anak usaha Pertamina terbagi ke dalam enam subholding, yakni hulu, gas, komersial & perdagangan, daya & energi terbarukan, kilang & petrokimia, dan pengapalan. Selain itu, Pertamina juga memiliki sejumlah anak usaha yang berfungsi sebagai pendukung.[7]

Hulu[sunting | sunting sumber]

  • PT Pertamina Hulu Energi - Pengelolaan usaha sektor hulu minyak & gas bumi serta energi baik dalam maupun luar negeri serta kegiatan usaha yang terkait dan atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak & gas bumi.
    • PT Pertamina EP - Usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi meliputi: eksplorasi, eksploitasi serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi.
    • PT Pertamina Hulu Indonesia - Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di wilayah kerja yang terletak di Pulau Kalimantan
    • PT Pertamina EP Cepu - Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di Blok Cepu.
    • PT Pertamina EP Cepu ADK - Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di wilayah kerja Alas Dara Kemuning.
    • PT Pertamina Drilling Services Indonesia - Pengelolaan dan pengembangan sumber daya jasa pengeboran, yang meliputi eksplorasi dan eksploitasi migas maupun panas bumi.
    • PT Elnusa Tbk - Dukungan operasi pengeboran minyak dan gas
    • PT Pertamina Internasional EP - Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di wilayah kerja yang terletak di luar Indonesia.

Gas[sunting | sunting sumber]

Komersial & Perdagangan[sunting | sunting sumber]

Listrik & Energi Terbarukan[sunting | sunting sumber]

  • PT Pertamina Power Indonesia - berpartisipasi di dalam PLTU Jawa-1 dan mengelola FSRU PLTU Jawa-1.
    • PT Pertamina Geothermal Energy - Pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi kegiatan eksplorasi & eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi. Dn lainnya

Kilang & Petrokimia[sunting | sunting sumber]

  • PT Kilang Pertamina Internasional - Mengelola enam kilang minyak milik Pertamina di Indonesia
    • PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama - Memproduksi paraxylene, benzene, orthoxylene, aromatik berat, toluene, nafta ringan, dan minyak gas di Tuban, Jawa Timur

Pengapalan[sunting | sunting sumber]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

.[8]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

PT Pertamina (Persero) :

  • The Top Leadership for SDGs - ISDA 2021[9]
  • The Most Committed Corporate for SDGs on Social Pillar - ISDA 2021
  • The Most Committed Corporate for SDGs on Environment Pillar - ISDA 2021
  • The Most Committed Corporate for SDGs on Economy Pillar - ISDA 2021
  • PT Pertamina meraih penghargaan dalam ajang Marketeers SME Enablers Award 2022 dalam kategori Best SME Development Program.[10]
  • PT Pertamina meraih penghargaan dalam ajang Marketeers SME Enablers Award 2022 dalam kategori Human Capital Enabler.[11]

Platinum Category :

  • PT Kilang Pertamina Internasional Unit Sei Pakning- Subholding Refining & Petrochemical Pertamina untuk Program Kampung Gambut Berdikari - ISDA 2021
  • PT Pertamina EP Poleng Field, Zona 11 - Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Coastal & Marine Biodiversity Reserve Lembung Paseser - ISDA 2021
  • PT Pertamina EP Tambun Field, Zona 7 - Regional Jawa, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Pesisir Berdikari (Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Karawang Melalui Budidaya Rumput Laut dan Olahannya) - ISDA 2021

Gold Category :

  • PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan - Subholding Refining & Petrochemical Pertamina untuk Program Coviducation Health RU V - ISDA 2021
  • PT Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai- Subholding Refining & Petrochemical Pertamina untuk Program Kalam Bersinar (Kampung Laksamana Bersih dari Narkoba) - ISDA 2021
  • PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi, Regional Internasional, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Sekolah Tari Gratis Cirebon - ISDA 2021
  • PT Pertamina EP Cepu, Zona 12 - Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Optimalisasi Peran BumDes - ISDA 2021
  • PT Pertamina Hulu Energi WMO, Zona 11 - Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Eco Edufarming Bandangdaja - ISDA 2021
  • PT Pertamina EP Subang Field, Zona 7 - Regional Jawa, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Melintang (Masyarakat Peduli Alam Puntang) - ISDA 2021
  • PT Pertamina EP Subang Field, Zona 7 - Regional Jawa, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Pelita (Pendidikan Lingkungan Untuk Anak) - ISDA 2021
  • PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, Zona 9 - Regional Kalimantan, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Rumah Literasi Kreatif (RULIKA) Bunga Kertas - ISDA 2021
  • PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, Zona 9 - Regional Kalimantan, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Water Supply System WSS Kaliki - ISDA 2021
  • PT Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu untuk Program Ngopi Doeloe Pendampingan Kelompok Kopi dari Ulubelu - ISDA 2021
  • PT Pertamina Gas WJA untuk Program Saung Patra (Desa Unggul Petani Berdaya) - ISDA 2021
  • PT Pertamina Gas EJA untuk Program Daya Krida Gresik Kotugres - ISDA 2021

Silver Category :

  • PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan - Subholding Refining & Petrochemical Pertamina untuk Program Cagar Budaya Dahor Heritage - ISDA 2021
  • PT Pertamina EP Tambun Field, Zona 7 - Regional Jawa, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Melimpah (Masyarakat Peduli Sampah) - ISDA 2021
  • PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, Zona 9 - Regional Kalimantan, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Balanipa (Pengelolaan Daur Ulang Limbah Tali) - ISDA 2021
  • PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, Zona 9 - Regional Kalimantan, Subholding Upstream Pertamina untuk Program Jaga Pesisir Kita - ISDA 2021
  • PT Pertamina Patra Niaga, Regional Jawa Bagian Barat FT Tasikmalaya, Subholding Commercial & Trading Pertamina untuk Program Bank Sampah Puspa Sari - ISDA 2021
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat FT Tanjung Gerem, Subholding Commercial & Trading Pertamina untuk Program Pemberdayaan UKM dalam Upaya Peningkatan Gizi Balita - ISDA 2021
  • PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat DPPU Husein Sastranegara Bandung, Subholding Commercial & Trading Pertamina untuk Program Campaka Sobat Bumi - ISDA 2021

Bronze Category :

  • PT Pertamina Internasional Bronze Award untuk Kategori Asia’s best SDGs Reporting yang diselenggarakan oleh Asia Sustainability Reporting Awards (ASRA) - 2022[12]

Local Hero Category :

  • Sahril Sang Mantri Mangrove - terbaik 1 binaan PT Pertamina Hulu Energi WMO, Zona 11 - Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina - ISDA 2021

[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Sejarah pertamina". Diakses tanggal 5 Desember 2012. 
  2. ^ "Salinan arsip" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-08-05. Diakses tanggal 2014-03-06. 
  3. ^ http://www.pertamina-ep.com/id/tentang-pep/sejarah-kami
  4. ^ http://money.cnn.com/magazines/fortune/global500/2013/snapshots/11815.html
  5. ^ Artikel:"Sah! Dwi Soetjipto Jadi Dirut Baru Pertamina" di Detik.com
  6. ^ https://www.iotomotif.com/47594/pertamax-turbo-segera-meluncur-di-indonesia/ Diarsipkan 2016-12-21 di Wayback Machine. Pertamax Turbo
  7. ^ "Afiliasi Pertamina di Indonesia". Pertamina (Persero). Diakses tanggal 24 September 2021. 
  8. ^ "Pertamina (Persero)". Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 2016-02-28. 
  9. ^ JPNN.com, Mrk (19 September 2021). "Pertamina Borong Penghargaan di ISDA 2021". JPNN.com. Diakses tanggal 19 September 2021. 
  10. ^ JPNN, Media (13 Agustus 2022). "Aktif Mendukung UMKM, Pertamina dapat 2 Penghargaan Marketeers SME Enablers Award 2022". JPNN.com. Diakses tanggal 13 Agustus 2022. 
  11. ^ JPNN, Media (13 Agustus 2022). "Aktif Mendukung UMKM, Pertamina dapat 2 Penghargaan Marketeers SME Enablers Award 2022". JPNN.com. Diakses tanggal 13 Agustus 2022. 
  12. ^ JPNN, MRK (07 April 2022). "Selamat, Pertamina Kembali Raih Penghargaan Internasional dari ASRA". JPNN.com. Diakses tanggal 07 April 2022. 
  13. ^ Media, Kompas Cyber (2022-02-09). "Pertamina Jadi Sponsor MotoGP, Erick Thohir: Langkah Awal untuk Mendunia". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-08-06. 
  14. ^ "Jadi sponsor Rio, Pertamina dapat PR dan promosi Rp 85 Miliar di F1". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). 2016-04-21. Diakses tanggal 2022-08-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]