Dexlite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dexlite
"Diesel Hemat Bertenaga"
Tipe
Tahun peluncuran15 April 2016 (2016-04-15)
PerusahaanPertamina
KetersediaanAda
Penyedia saat iniPertamina Retail

Dexlite merupakan varian bahan bakar diesel terbaru dari Pertamina yang diluncurkan pada tanggal 15 April 2016. Dexlite[1], member terbaru dari Dex Series, memiliki angka cetane minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 part per million (ppm).

Dengan terjadinya peningkatan populasi kendaraan bermesin diesel[2], teknologi common rail dan teknologi canggih lainnya, diperlukan bahan bakar diesel yang memiliki angka cetane lebih tinggi dan lebih bersih dibanding bahan bakar diesel bersubsidi.

Dexlite cocok bagi yang menginginkan pengalaman lebih bertenaga untuk mobil diesel, namun harga terjangkau.

Keunggulan[3][sunting | sunting sumber]

Harganya terjangkau. Angka cetane minimal 51 dapat membuat pembakaran mesin menjadi lebih baik dan sebagai hasilnya meningkatkan tenaga mesin.

  • Lebih Bersih

Kandungan sulfur yang rendah dan aditif khusus yang dikandung Dexlite membuat mesin dan gas buang kendaraan menjadi lebih bersih dibanding bahan bakar diesel bersubsidi.

Cara memperoleh produk Dexlite

SPBU yang menjual Dexlite bisa dilacak melalui aplikasi PertaminaGO yang dapat diunduh untuk perangkat berbasis Android dan iPhone.

Harga [4]Dexlite

Harga Dexlite berfluktuasi dari waktu ke waktu, menyesuaikan dengan harga pasar minyak dunia. Update harga bisa diperoleh pada aplikasi PertaminaGO dan media sosial Pertamaxind (Instagram, Facebook dan Twitter).

Jenis kendaraan yang cocok[5] menggunakan bahan bakar Dexlite

Jenis kendaraan yang cocok menggunakan Dexlite adalah jenis kendaraan bermesin diesel dengan teknologi common rail, seperti merek kendaraan Isuzu Panther, Mitsubishi L300, Toyota Dyna, Truk Fuso dan sejenisnya. Sedangkan untuk mobil diesel premium keluaran terbaru direkomendasikan menggunakan Pertamina Dex.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Angka Cetane: 51
  • Kandungan Sulfur: Maks 1200 ppm
  • Berat jenis: Maksimal 870kg/m3, minimal 815 kg/m3 (pada suhu 15 derajat celcius)
  • Penampilan visual: Jernih dan terang

Referensi[sunting | sunting sumber]