Martiono Hadianto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Martiono Hadianto
Lahir 20 September 1945
Semarang
Tempat tinggal Indonesia
Kewarganegaraan Indonesia
Pekerjaan Eksekutif

Martiono Hadianto (lahir di Semarang, 20 September 1945; umur 72 tahun) adalah eksekutif Indonesia. Martiono Hadianto adalah Presdir PT Newmont Nusa Tenggara yang terpilih sejak tahun 2009. Dia juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pertambangan Indonesia. Lulus dari SMAB II Semarang, pada 1972 Martiono mendapatkan gelar Sarjana Teknik Kimia dari Institut Teknologi Bandung. Pada 1976 ia melanjutkan studi di University of Oregon, Master, jurusan Business Administration. Martiono Hadianto memiliki istri bernama Hermieningsih teman sekolahnya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum bekerja di perusahaan tambang PT Newmont, Martiono pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia, dan Komisaris Utama PT PLN, serta PT Telkom. Posisi terakhirnya adalah sebagai Komisaris Utama Pertamina pada 2005, menggantikan Laksamana Sukardi. Di perusahaan minyak negara itu, Martiono bukan orang baru. Pada 1998 sampai 2000, dia sempat menduduki kursi Direktur Utama. Martiono pernah menjadi Direktur Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Direktur Jenderal BUMN. Dia juga pernah dipilih menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 1992-1997. Sepanjang kariernya dalam tugas-tugas pemerintah maupun sebagai eksekutif BUMN, ia dikenal sebagai "trouble shooter". Pengalamannya dalam restrukturisasi dan program-program "Initial Public Offering" (IPO) cukup menonjol. Ia juga dikenal mempunyai hubungan yang luas di kalangan pemerintah dan BUMN. Martiono adalah sosok yang aktif dalam berbagai bidang sosial dan kemasyarakatan. Saat ini ia menjabat Ketua Asosiasi Profesi Manajemen Risiko (Indonesia PRIMA), asosiasi yang bergerak di bidang sosialisasi, pelatihan, dan sertifikasi dalam bidang manajemen risiko. Ia juga aktif sebagai anggota Majelis Wali Amanah (MWA) di Institut Teknologi Bandung (ITB), pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), serta mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Republik Indonesia atas kinerja dan sumbangsihnya kepada negara.

PT Newmont Pacific Nusantara adalah sebuah anak perusahaan Newmont Mining Corporation yang memberikan pelayanan manajemen dan lainnya kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Indonesia dan sahamnya dimiliki oleh Newmont, baik sebagian atau seluruhnya. Perusahaan-perusahaan tersebut telah menanamkan modalnya lebih dari 2,5 Miliar Dolar untuk mengembangkan industri pertambangan di Indonesia dan menyediakan kesempatan kerja bagi lebih dari 7.000 karyawannya, dan telah diakui sebagai perusahaan terkemuka dalam hal keteladanan lingkungan, kesehatan, keselamatan, serta tanggung jawab sosial perusahaan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]