Indah Karya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PT Indah Karya (Persero)
BUMN / Perseroan Terbatas
IndustriKonsultasi teknik dan manajemen
Didirikan29 Maret 1961 (1961-03-29) di Bandung, Indonesia
Kantor
pusat
,
Indonesia
Tokoh
kunci
Iwan Suprijanto (Komisaris Utama)
Purwanto (Komisaris)
Muhammad Sapri Pamulu (Direktur Utama)
Ety Silviawati(Direktur)
PemilikPemerintah Indonesia

PT Indah Karya (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konsultan Desain, konsultan teknik, ESIC dan konsultan manajemen. PT Indah Karya didirikan pada tahun 1961 dengan tujuan melaksanakan program pemerintah dalam pembangunan ekonomi nasional dengan lapangan usaha Survey, Investigasi, Studi Perencanaan/ Planning, Perencanaan Teknis/ Design, serta Manajemen dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi, Penyediaan Tenaga Ahli, serta Kegiatan Konsultasi. Pada tahun 2000, PT Indah Karya mendirikan unit usaha IKRCS yang bergerak di bidang sertifikasi Sistem Manajemen ISO 9001, ISO 14001, ISO 18000, ISO 37001 dan ISO 45000. Sejak awal tahun 2014, PT Indah Karya mengembangkan usahanya disektor properti dan industri. Sektor properti dimulai dengan pembangunan Bellazona Golf Apartement di Bandung, sementara pada sektor industri, PT Indah Karya membangun pabrik plywood di Bondowoso yang berorientasi ekspor.

Sejarah Perusahaan[sunting | sunting sumber]

PT Indah Karya dinasionalisasi dari Perusahaan Belanda IBIV oleh Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 1961 tentang Pendirian Perusahaan Negara Indah Karya dari Perusahaan Belanda bernama Naamloze Vennootschap Ingenieurs-Bureau Ingenegeren-Vrijburg (IBIV) didirikan di Bandung oleh Insinyur AC Ingenegeren dan GS Vrijburg pada tanggal 1 Mei 1936. IBIV juga tercatat sebagai salah satu konsultan paling produktif pada masa itu. Lebih kurang 700 proyek telah dikerjakan pada periode 1936 sampai 1957. Sejumlah bangunan penting pun merupakan hasil rancangan biro ini, misalnya hanggar pesawat di Bandung, Jakarta, dan Madiun (1938), Pabrik Kertas Letjes Probolinggo (1938), dan Fakultas Pertanian Universitas Indonesia di Bogor (sekarang kampus IPB Baranangsiang).

Selain itu, ada pula Bank Industri Negara Jakarta (1955, sekarang Bank Mandiri di Jalan RP Soeroso, Cikini), Perhimpunan Ilmu Alam Indonesia Bandung (1956), dan beberapa gedung dalam kompleks Fakultas Teknik Universitas Indonesia (sekarang Institut Teknologi Bandung) serta PN Perkebunan Negara yang sekarang menjadi Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Sejak akhir tahun 2019, PT Indah Karya masuk dalam program Restrukturisasi PT Perusahaan Pengelola Asset (PPA )yang merupakan kuasa khusus pemegang saham, Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia dengan program utama Business Refocusing & Restructurisation.

Manajemen Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan bulan Juni 2021 lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Muhammad Sapri Pamulu, Ph.D sebagai Direktur Utama PT Indah Karya (Persero). Sapri menggantikan dirut sebelumnya, yaitu Nel Adianto. Sapri Pamulu sebelumnya bekerja di Wiratman Group dengan posisi terakhir sebagai Komisaris PT Geomarindex. Menyelesaikan pendidikan Doktor Manajemen Strategi di Queensland University of Technology, Brisbane Australia (2010) dan Master Manajemen Proyek di Victoria University, Melbourne Australia (2003) serta Sarjana dan Insinyur Teknik Sipil dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Direktur lainnya adalah Ety Silviawati yang diangkat pada tahun 2019 setelah bekerja di PT Hutama Karya (Persero). Ety Silviawati adalah Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Diponegoro, Semarang. dan Master Lingkungan dari Universitas Mulawarman, Samarinda. Komisaris Utama PT Indah Karya adalah Iwan Suprijanto yang juga sekarang menjabat sebagai Direktur Jendral Perumahan di Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat. ASN Teladan Kementerian PUPR ini diangkat oleh Menteri BUMN sejak bulan Juli 2021.

DI Tahun 2022, Struktur manajemen BOD-1 PT Indah Karya terdiri atas GM-1 yang membawahi Strategic Business Unit (SBU) dalam bidang usaha Early Stage Investment Consultant (ESIC), Design & Engineering Consultant. GM-2 yang membawahi Strategic Business (SBU) dalam bidang usaha Manajemen Proyek & Manajemen Konstruksi, dan IKRCS, Lembaga Sertifikasi yang menyediakan layanan sertifikasi untuk beragam Sistem Manajemen, antara lain ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO 37001, ISO 27001, dll. GM-3 yang membawahi Strategic Support Unit (SSU) yang membawahi bidang Human Capital, Akuntansi & Keuangan dan General Services. GM-4 yang membawhi Strategic Business Unit (SBU) dalam bidang pengelolaan Kawasan Industri Bondowoso.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]