Danareksa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Danareksa (Persero)
BUMN/Perseroan Terbatas
IndustriJasa keuangan
Didirikan1976
Kantor
pusat
Gedung Danareksa Lt. 2, Jl Medan Merdeka Selatan No. 14 Jakarta
,
Tokoh
kunci
Arief Budiman (Direktur Utama)
PemilikPemerintah Indonesia
Situs webwww.danareksa.co.id
Logo Danareksa sebelum 2001

PT Danareksa adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak dibidang jasa keuangan. Perseroan terbatas yang didirikan pada tahun 1976 ini melakukan kegiatan utama dibidang pasar modal dan pasar uang meliputi antara lain sebagai perusahaan pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi dan reksadana. Danareksa juga melakukan usaha yang biasa dilakukan oleh perusahaan amanat (trust fund), seperti pengeluaran surat berharga yang dikaitkan dengan portofolio dari suatu perusahaan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah PT Danareksa (Persero) tidak lepas dari sejarah Pasar Modal Indonesia yang dimulai sejak 1912 bernama Bursa Efek Batavia. Namun, akibat Perang Dunia ke dua Bursa Efek Batavia tutup dan dibuka kembali pada 1952. Tidak berlangsung lama, sejak 1958, Bursa Efek pun mengalami mati suri akibat minimnya transaksi. Akhirnya bertempat di Gedung Danareksa pada 10 Agustus 1977, diresmikannya Bursa Efek Jakarta sebagai simbol dimulainya kembali Pasar Modal di Indonesia.

Pendirian Perseroan berawal dari hasil keputusan Sidang Dewan Stabilisasi Ekonomi Nasional pada 21 Desember 1976. Selanjutnya pada  28 Desember 1976, PT Danareksa (Persero) didirikan berdasarkan Akta No.74 Notaris Julian Nimrod Siregar gelar Mangaradja Namora, SH. Tahun 1992, Perusahaan melakukan restrukturisasi organisasi dengan membentuk empat Entitas Anak dan PT Danareksa (Persero) sebagai Entitas Induk. Empat Entitas tersebut adalah PT Danareksa Sekuritas yang fokus di bidang penasihat keuangan dan perantara perdagangan efek; PT Danareksa Investment Management fokus di bidang reksa dana; PT Danareksa Finance bergerak di bidang pembiayaan, dan PT Danareksa Capital berdiri dengan fokus di bidang investasi dan private equity.

Layanan[sunting | sunting sumber]

Advisory[sunting | sunting sumber]

Danareksa menawarkan layanan Advisory & Investment Banking yang komprehensif meliputi layanan Underwriter (Penjamin Emisi), Advisory (Penasihat Keuangan), dan Equity/Debt Offering

Securities Brokerage[sunting | sunting sumber]

Danareksa menawarkan layanan Advisory & Investment Banking yang komprehensif meliputi layanan Underwriter (Penjamin Emisi), Advisory (Penasihat Keuangan), dan Equity/Debt Offering

Investment Management[sunting | sunting sumber]

Sebagai pengelola investasi yang pertama di Indonesia dan kini dikenal dengan Reksa Dana, Danareksa menawarkan pengelolaan puluhan 30 Reksa Dana dan beragam KPAI (Kontrak Pengelolaan Aset investasi) yang disesuaikan dengan kebutuhan investor/nasabah.

Financing[sunting | sunting sumber]

PT Danareksa Finance telah menjalin kerjasama dengan perusahaan -perusahaan BUMN dan swasta di berbagai sektor melalui layanan multi-finance yang meliputi anjak piutang dan sewa guna usaha.

Capital[sunting | sunting sumber]

PT Danareksa Capital terus mendukung perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang serta mencapai hasil investasi bagi investor yang meliputi Direct Investment, Fund Creation, Financial Advisory, dan Private Equity.

Research Institute[sunting | sunting sumber]

DRI mengandalkan riset dalam pengambilan langkah-langkah penting termasuk mengidentifikasi peluang investasi untuk perseorangan, pemerintah atau pelaku bisnis di sektor umum dan swasta yang meliputi Early Economic Indicator, Consumer Confidence Index, Business Sentiment Index, Consumer Price Index (CPI), SBI Outlook, Yearly Outlook, Weekly Currency dan Special Report.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]