Danareksa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Danareksa (Persero)
Badan usaha milik negara
IndustriJasa keuangan
Didirikan28 Desember 1976; 44 tahun lalu (1976-12-28)
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
Wilayah operasi
Indonesia
Tokoh
kunci
Ari Soerono[1]
(Direktur Utama)
Robert Pakpahan[1]
(Komisaris Utama)
Jasa
PendapatanRp 418,503 milyar (2020)[2]
Rp 100,130 milyar (2020)[2]
Total asetRp 2,625 triliun (2020)[2]
Total ekuitasRp 764,887 milyar (2020)[2]
PemilikPemerintah Indonesia
Karyawan
193 (2020)[2]
Anak
usaha
PT Jalin Pembayaran Nusantara
PT Danareksa Finance
PT Danareksa Capital
Situs webwww.danareksa.co.id
Berkas:Danareksa jadul.jpg
Logo Danareksa sebelum tahun 2001

PT Danareksa (Persero) adalah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1976 ini terutama berbisnis di bidang pasar modal dan pasar uang, antara lain sebagai perusahaan pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi, serta manajer investasi dan reksadana. Danareksa juga melakukan usaha yang biasa dilakukan oleh perusahaan amanat (trust fund), seperti pengeluaran surat berharga yang dikaitkan dengan portofolio dari suatu perusahaan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide pendirian perusahaan ini muncul pada Sidang Dewan Stabilisasi Ekonomi Nasional di tanggal 21 Desember 1976 untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memiliki saham-saham perusahaan swasta melalui pasar modal. Seminggu kemudian, perusahaan inipun resmi didirikan. Pada tanggal 10 Agustus 1977, Presiden Soeharto resmi membuka kembali Bursa Efek Jakarta, yang sempat ditutup pada tahun 1958, di Gedung Danareksa. Kehadiran perusahaan inipun menjadi simbol dimulainya pasar modal di Indonesia. Pada tahun yang sama, untuk pertama kalinya, perusahaan ini menjadi penjamin emisi dari Semen Cibinong. Pada tahun 1992, perusahaan ini melakukan restrukturisasi dengan membentuk tiga anak usaha, yakni Danareksa Sekuritas yang fokus pada bidang penasehatan keuangan dan perantara perdagangan efek, Danareksa Investment Management yang fokus pada bidang reksa dana, dan Danareksa Finance yang bergerak di bidang pembiayaan. Pada tahun 1996, perusahaan ini menerbitkan reksa dana pertama di Indonesia. Pada tahun 2009, perusahaan ini menyusun efek beragun aset pertama di Indonesia. Setahun kemudian, perusahaan ini mendirikan anak usaha bernama Danareksa Capital agar dapat lebih fokus pada bidang ekuitas swasta dan investasi. Pada tahun 2018, perusahaan ini resmi melepas mayoritas saham Danareksa Sekuritas ke Bank Rakyat Indonesia. Pada tanggal 19 Juni 2019, Danareksa resmi mengakuisisi anak usaha Telkom yang bergerak di bidang switching ATM, yakni Jalin Pembayaran Nusantara, sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas infrastruktur jasa keuangan.[3][2][4]

Layanan[sunting | sunting sumber]

Penasehatan[sunting | sunting sumber]

Danareksa menawarkan layanan Penasehatan & Perbankan Investasi yang komprehensif meliputi layanan Penjaminan Emisi, Penasehatan Keuangan, dan Penawaran Ekuitas/Utang

Manajemen Investasi[sunting | sunting sumber]

Sebagai pengelola investasi pertama di Indonesia dan kini dikenal dengan Reksa Dana, Danareksa menawarkan pengelolaan 30 Reksa Dana dan beragam KPAI (Kontrak Pengelolaan Aset investasi) yang disesuaikan dengan kebutuhan investor/nasabah.

Pembiayaan[sunting | sunting sumber]

PT Danareksa Finance telah menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta di berbagai sektor melalui layanan multifinance yang meliputi anjak piutang dan sewa guna usaha.

Modal[sunting | sunting sumber]

PT Danareksa Capital terus mendukung perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang serta mencapai hasil investasi bagi investor yang meliputi Investasi Langsung, Penciptaan Dana, Penasehatan Keuangan, dan Ekuitas Privat.

Institut Riset[sunting | sunting sumber]

Danareksa Research Institute mengandalkan riset dalam pengambilan langkah-langkah penting termasuk mengidentifikasi peluang investasi untuk perseorangan, pemerintah atau pelaku bisnis di sektor umum dan swasta yang meliputi Indikator Ekonomi Awal, Indeks Kepercayaan Konsumen, Indeks Sentimen Bisnis, Indeks Harga Konsumen, Outlook SBI, Outlook Tahunan, Nilai Tukar Mingguan, dan Laporan Khusus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Komisaris & Direksi". Danareksa (Persero). Diakses tanggal 27 September 2021. 
  2. ^ a b c d e f "Laporan Tahunan 2020" (PDF). Danareksa (Persero). Diakses tanggal 27 September 2021. 
  3. ^ "Danareksa Ambil Alih 67 Persen Saham PT Jalin Pembayaran Nusantara". bisnis.com. Diakses tanggal 9 Januari 2020. 
  4. ^ "Tentang Danareksa". Danareksa (Persero). Diakses tanggal 27 September 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]