Halte Pondok Terong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Pondok Terong
  • Singkatan: PTO
AlamatJalan Raya Citayam
Bojong Pondok Terong, Cipayung, Depok
Jawa Barat 16436
OperatorDaerah Operasi I Jakarta
Sejarah
Ditutupsekitar tahun 1990-an
SARS-CoV-2 illustration (10).jpgPeringatan COVID-19: Tidak semua kereta api yang disebutkan di sini dijalankan pada masa-masa normal baru. Calon penumpang dimohon memeriksa daftar kereta api yang dijalankan di KAI Access atau kanal eksternal lain sebelum keberangkatan. Calon penumpang diharapkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat menggunakan kereta api. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pandemi COVID-19 di Indonesia#Perkeretaapian.


Halte Pondok Terong (PTO) adalah bekas halte kereta api yang terletak di Bojong Pondok Terong, Cipayung, Depok. Halte ini terletak di perbatasan antara kelurahan Bojong Pondok Terong dengan kelurahan Pondok Jaya. Semasa masih aktif, halte ini melayani perjalanan KRL Jabodetabek tujuan Jakarta-Bogor atau sebaliknya.

Insiden[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 November 1993, terjadi sebuah tabrakan kereta api yang hebat di sebelah utara halte ini. Peristiwa ini, yang dikenal sebagai Kecelakaan kereta api Ratu Jaya 1993, menyebabkan 20 orang meninggalnya dan ratusan orang luka-luka. Setelah kejadian ini, pemerintah mulai membangun double-track Manggarai-Bogor guna menghindari terjadinya tabrakan kereta api lagi. Karena dibangunya double-track ini, halte ini terpaksa ditutup dan dibongkar untuk keperluan lahan jalur double-track. Kini bekas peron halte ini masih tampak, namun bangunannya sudah dibongkar.

Galat Lua: unknown error.